Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat

MasterKicau.net– Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina bagi sebagian penangkar bukanlah pekerjaan yang mudah meskipun sudah cukup lama menggeluti dunia penangkaran lovebird, apalagi bagi peternak pemula yang pengalaman nya masih minim sekali di dunia ternak lovebird.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula 100% Berhasil

Sudah tidak terhitung pecinta Lovebird yang mengakui jika mereka kesulitan membedakan jenis kelamin kedua indukan Lovebird baik jantan maupun betinanya. Bahkan seorang peternak profesional pun kadang masih susah membedakan jenis jantan dan betinanya dari indukan lovebird jika tidak hati-hati.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
image source (apaperbedaan.com)

Hal tersebut tergolong wajar karena burung jenis Lovebird ini memang terkenal memiliki tiga tingkatan kelompok kesulitan untuk membedakan jenis kelamin masing-masingnya. Dan itulah perlunya Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan akurat.

Karena tanpa pengetahuan cara membedakan lovebird jantan dan betina yang mumpuni, akan sulit sekali bagi seseorang membedakan kedua indukan lovebird tersebut apalagi yang masih pemula di pengangkaran ini.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Dan Analisa Perhitungan Biaya

Tiga tingkatan kelompok dalam kesulitan tersebut antara lain, kelompok Dimorfik (Lovebird ber-jenis kelamin yang bisa dengan mudah dibedakan), kelompok Intermediate (Lovebird ber-jenis kelamin dengan tingkat kesulitan menengah untuk dibedakan), dan yang ketiga masuk dalam kelompok Lovebird Kaca Mata (Lovebird golongan paling tidak konsisten hingga sulit sekali dibedakan), seperti yang dikutip Omkicau.com.

Kelompok Dimorfik
– Agapornis Taranta atau masuk kelompok Lovebird Abisinia
– Agapornis Cana atau masuk kelompok Lovebird Madagaskar
– Agapornis Pullaria atau masuk kelompok Lovebird Muka Merah

Kelompok Intermediate
– Agapornis Swinderniana atau masuk kelompok Lovebird Black Collared

Kelompok Lovebird Kaca Mata
– Agapornis Lilianae atau masuk kelompok Lovebird Nyasa
– Agapornis Nigrigenis atau masuk kelompok Lovebird Pipi Hitam
– Agapornis Personata atau masuk kelompok Lovebird Topeng
– Agapornis Ficheri atau yang biasa dikenal sebagai Lovebird Fischer

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Nah, uraian diatas menjelaskan jenis-jenis Lovebird yang cukup mudah dibedakan jenis kelaminnya maupun yang tergolong sangat sulit. Namun itu semua hanyalah gambaran kasarnya saja, untuk lebih jelasnya Anda bisa mencoba Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang terbukti akurat seperti yang dijelaskan dibawah ini.

1. Perhatikan Paruh Lovebird
Membedakan jenis kelamin betina maupun dan jantan pada lovebird bisa dimulai dari paruhnya. Paruh Lovebird betina lebih terlihat tumpul, besar dan melebar. Sedangkan lovebird jantannya lebih runcing, kecil dan mancung paruhnya.

Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Paruh
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Paruh (caragacor.com)

Anda bisa mengamatinya dengan seksama atau bisa juga Anda potret kedua indukannya lalu bandingkan kedua foto paruh tersebut sebelum dijodohkan dalam 1 kandang, dan hal ini cukup efektif untuk Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan mudah.

2. Perhatikan Fisik Lovebird
Cara kedua ini agak susah jika menggunakan foto, karena proses pengukuran bentuk fisiknya akan sulit nantinya. Karena cara kedua ini akan mengukur bentuk fisik dari lovebird tersebut.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisik
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisik (kicauburung.id)

Lovebird betina biasanya punya bentuk fisik yang lebih besar dari si-jantan dengan bagian kepalanya yang sedikit melengkung atau terlihat cekung. Sedangkan lovebird jantannya cenderung cepak atau rata bagian kepalanya.

3. Perhatikan Sayap Lovebird
Mengamati jenis kelamin indukan lovebird juga bisa dari penampakan masing-masing sayapnya. Jika sudah terlatih, Anda akan dengan mudah menentukan jenis kelamin lovebird peliharaan Anda hanya dengan melihat bentuk sayapnya.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Sayap
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Sayap (kicaumantap.blogspot.com)

Lovebird betina biasanya memiliki bentuk sayap yang bagian ujungnya tidak menyilang atau tidak saling bertemu, sedangkan si-jantan biasanya akan menyilang. Untuk mengamati bentuk sayap ini memang harus dalam kondisi diam lovebirdnya, karena kalau sedang lincah atau terbang pastilah tidak akan bisa diamati.

4. Perhatikan Ekor Lovebird
Bagian ekor lovebird betina terlihat lebih rata daripada lovebird jantan yang memang terlihat berbentuk runcing. Dilihat sekilas pun akan langsung kelihatan ujung ekor yang betina lebih lebar dan ujung ekor si-jantan terlihat mengerucut.

Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Ekor
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Ekor (lovebirdcomunity.blogspot.com)

Cara melihat ujung ekor ini termasuk yang termudah dari sekian banyak cara membedakan lovebird jantan dan betina dan Anda bisa memperhatikannya ketika lovebird menghadap ke arah Anda.

5. Perhatikan Lovebird Saat Bertengger
Livebird betina ketika bertengger biasanya akan melebar kakinya, sedangkan si-jantan ketika bertengger kakinya akan lebih rapat. Hal tersebut terjadi karena faktor tulang pubis pada betina agak berjauhan dan pada si-jantan tulang pubisnya lebih rapat.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Saat Bertengger
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Saat Bertengger (kicauburung.id)

Membedakan Lovebird jantan dan betina dengan cara seperti ini memang agak sulit dilakukan oleh peternak pemula, karena hal ini mutlak berdasarkan jam terbang atau kebiasaan sang peternak dalam memperhatikan gerak gerik lovebirdnya.

6. Menggunakan Jarum atau Cincin Emas
Mungkin sebagian calon peternak tidak terpikirkan bahwa jarum atau cincin emas ternyata dapat juga digunakan untuk membedakan kelamin masing-masing indukan Lovebird. Cara ini juga cukup ampuh dan sudah banyak para peternak yang memakai cara seperti ini.

Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Cincin Emas

Caranya sederhana sekali, potonglah tali dengan ukuran panjang sekitar 15-20 cm. Kemudian ikatlah ujung talinya pada Jarum atau cincin emasnya. Setelah itu, ambil dan genggamlah seekor Lovebird dengan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya agak menjauh dari genggaman.

Baca Juga : Lovebird Olive Ciri Ciri Beserta Gambar Dan Harganya

Lalu tempatkan jarum atau cincin emasnya tepat di atas kepala Lovebird dengan jarak kurang lebih 3-5 cm. Dari sini coba perhatikan gerakan cincin emasnya yang tergantung itu. Jika bergerak maju mundur secara teratur, maka tandanya indukan Lovebird itu jantan. Namun jika cincinnya bergerak berputar-putar atau membentuk lingkaran, maka tandanya itu Lovebird berkelamin betina.

7. Perhatikan Tulang Pubis Lovebird
Lovebird jantan biasanya memiliki tulang pubis (tulang supit udang) yang lebih sempit atau lebih rapat saat diraba. Sedangkan si-betina biasanya memiliki tulang pubis lebih lebar daripada si-jantan (perkiraan seukuran jari tangan orang dewasa).

Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Tulang Pubis
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Tulang Pubis (wikihow.com)

Tak hanya itu, tulang pubis jantan saat ditekan biasanya akan terasa keras, lancip dan lebih rapat. Berbeda dengan si-jantan, yang betina saat di tekan kedua tulang pubisnya akan terasa lunak dan sedikit terbuka.

8. Perhatikan Lubang Hidung Lovebird
Para peternak yang sudah memiliki pengalaman di dunia Burung Berkicau biasanya akan Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari lubang hidung pada kedua indukan lovebird. Dan cara seperti tergolong mudah bahkan untuk seorang peternak pemula sekalipun.

Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Lubang Hidung
Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Lubang Hidung (caragacor.com)

Caranya sangat simpel, ambil dan peganglah Lovebird tersebut, lalu coba Anda tiup pada bagian hidungnya atau Anda sibakkan bulu-bulu yang menghalangi bagian hidungnya. Jika bentuk lubang hidung bentuknya oval atau lonjong, maka bisa dipastikan jenis kelaminnya jantan. Dan kalau lubang hidungnya berbentuk bulat atau melebar, maka itulah Lovebird betinanya.

9. Perhatikan Lingkar Klep Kacamata Lovebird
Membedakan Lovebird jantan dan betina dapat juga dilakukan dengan memperhatikan lingkar klep kacamatanya. Meskipun cukup sulit apalagi bagi seorang pemula, namun cara seperti ini masih sering dilakukan dan cukup efektif membedakan antar jantan dan betinanya.

Membedakan Lovebird jantan dan betina Lingkar kacamata
Membedakan Lovebird jantan dan betina Lingkar kacamata (burungnya.com)

Untuk lovebird betina biasanya memiliki klep bulat melingkar sempurna, dan si-jantan lingkar klep kacamatanya lebih berbentuk lonjong atau oval. Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa memotret kedua indukan tersebut dengan fokus dibagian matanya sebelum dijodohkan.

10. Perhatikan Anus Lovebird
Bagian kloaka atau anus si-lovebird juga seringkali dijadikan patokan oleh para Kicau Mania untuk Membedakan Lovebird Jantan dan Betina secara akurat dan hal ini sudah dilakukan sejak lama oleh pecinta burung secara umum.

Lubang Anus Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Lubang Anus Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (caragacor.com)

Lovebird betina biasanya mempunyai bentuk kloaka dengan ukuran yang jauh lebih lebar dan lebih rata (terlihat lebih bulat) dibandingkan dengan ukuran anus yang dimiliki oleh si-lovebird jantan. Sedangkan si-jantan anusnya lebih kecil dan kelihatan lebih menonjol atau memanjang.

11. Tes DNA Lovebird dengan akurasi 99 persen
Sebagaimana manusia, lovebird juga bisa dibedakan jenis kelaminnya melalui uji DNA (deoxyribo nuleic acid) dengan cara mengambil sampel darahnya melalui darah atau bulu-bulunya. Cara seperti ini sudah terbukti 99,99{23d184318ccb9d40116805ca5d68f29163acd28c18eae2700deb559e195ff85f} ke-akuratannya untuk membedakan kelamin betina dan jantannya burung loevbird.

Test DNA Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Test DNA Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (wikihow.com)

Namun cara terakhir ini sangat tidak dianjurkan, karena selain biayanya yang tergolong sangat mahal, prosedurnya pun juga tergolong sangat ribet karena semua prosesnya harus dilakukan di labolatorium khusus yang belum tentu ada di kota Anda.

Demikian uraian cukup singkat mengenaiCara Membedakan Lovebird Jantan dan Betinayang terbukti cukup akurat. Namun tingkat ke-akuratannya tentu saja akan berbeda antara peternak satu dengan peternak burung  lovebird lain nya. Jika artikel ini bermanfaat, sharing ya ke teman dan orang-orang lainnya. Terima kasih.