Cara Menjodohkan Kenari Paling Mudah Untuk Pemula

MasterKicau.net – Saat kita berkeinginan untuk memulai penangkaran Burung Kenari, maka ada faktor faktor penting yang perlu diperhatikan seperti Makanan Kenari, Kandang Kenari, Jenis Kelamin Indukan, Cara Merawatnya hingga Cara Menjodohkan Kenari nya.

Baca Juga : Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah dan Lengkap

Sebagaimana kita tahu, kemampuan kenari dengan Suara Kicau nya yang merdu (meski terkesan bising) dan warna bulu nya yang cukup indah dipandang telah membuat banyak orang menyukai dan memelihara nya.

Bisa dikatakan jika Burung Kenari sejak dulu hingga saat ini hampir bisa ditemui di setiap rumah para pecinta kicauan. Hal ini mengindikasikan bahwa Burung Kicau yang satu ini emang menjadi salah satu yang di favorit kan banyak orang.

Cara Menjodohkan Kenari Paling Mudah
image source (usahabudidayaternak.blogspot.com)

Harga beli nya atau nilai jualnya yang cukup stabil (beberapa tahun yang lalu sempat drop harga jualnya) menjadi nilai lebih tersendiri bagi para pemelihara nya. Untuk pemelihara biasa, tidak akan kesulitan membeli karena emang harganya cukup terjangkau.

Sedangkan untuk para penangkarnya, maka harga jual yang terbilang stabil ini bisa jadi daya tarik tersendiri karena kemampuan pembiayaan nya saat memelihara nya bisa tertutupi jika sudah terjual nantinya.

Itulah sebabnya kenapa banyak sekali yang mencari tahu Cara Menjodohkan Kenari akhir akhir ini. Hal ini tentu saja berhubungan dengan semakin banyak para penangkar burung ber-postur cukup mungil tersebut.

Cara Menjodohkan Kenari Paling Mudah

Bagi para pemula, tentu saja yang perlu dilakukan ketika awal awal memulai penangkaran Burung Kenari ini ialah dengan mengetahui semua selu beluk yang berkaitan dengan indukan kenari seperti Jenis Kelamin, Pakan Kenari, Cara Membuat Kotak Pengeraman dan sebagainya.

Hal paling mendasar yang harus dilakukan para penangkar tentu saja Cara Menjodohkan Kenari yang baik dan benar agar tingkat kesuksesan usaha yang dijalankannya bisa jadi maksimal hasilnya.

Baca Juga : Harga Kenari Paling Lengkap Terbaru Update

Karena tanpa mengetahui dengan benar cara caranya, maka tingkat kegagalan dalam usaha penangkaran kenari tersebut tentu saja akan tinggi. Dan hal ini bisa membuat kerugian dalam hal pendanaan, waktu dan tenaga juga akhirnya.

Budidaya Burung Kenari
Peluang penangkaran kenari termasuk usaha yang bisa dibilang sangat menjanjikan sekali. Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak para pemula yang sukses hanya dengan beternak kenari ini.

Kandang Penangkaran Kenari
image source (budidayabagus.blogspot.com)

Banyak diantara mereka yang awal nya hanya coba coba namun pada akhirnya sukses dan jadi penghasilan utama sampai sekarang. Tentu saja semua kesuksesan tersebut selalu dibarengi dengan doa dan kerja keras tidak kenal lelah.

Penangkaran Burung Kenari
Cara Menjodohkan Kenari menjadi syarat mutlak yang harus difahami oleh seorang pemula yang ingin sukses di dunia penangkaran kenari ini. Dan tentu saja semua dimulai dari pencarian Bibit Kenari yang bagus dan berkualitas.

Pemilihan indukan disini emang pegang peranan utama sebelum memulai usaha penangkaran. Hal ini terkait dengan hasil anakan nya nanti stelah berhasil menetas dari telurnya. Anakan yang baik tentu di dapat dari Indukan yang baik pula.

Selain proses pemilihan indukan yang bagus, cara merawat dan kebersihan kandang penangkaran juga harus dilakukan dengan baik dan benar serta dilakukan secara rutin terus menerus.

Baca Juga : Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor dan Ngerol Panjang

Untuk memilih indukan yang baik, cara termudah nya tentu saja membelinya langsung dari para penangkar yang telah berpengalaman dan sudah terjamin kualitas anakan atau indukan kenari nya.

Membali indukan dari seorang penangkar juga lebih bisa dipercaya karena pasti berbeda dengan membeli indukan di pasar pasar burung tradisional yang kadangkala emang penuh resiko di bohongi (meskipun tidak semua penjual burung seperti itu).

Proses Penjodohan Indukan Kenari
Tingkat keberhasilan dari usaha penangkaran kenari ini tidak terlepas dari Cara Menjodohkan Kenari itu sendiri. Karena tidak seperti burung lainnya, Kenari termasuk burung yang cukup sulit dijodohkan.

Proses penjodohan kedua indukan ini seringkali mengalami kegagalan jika tidak tahu cara nya. Bakan banyak pemula yang hampir putus asa oleh proses menjodohkan kedua indukan kenari tersebut.

Salah satu yang diketahui agar proses penjodohan bisa berjalan sukses, maka seorang penangkar tentu harus tahu ciri ciri indukan yang siap kawin baik yang jantan maupun yang betina nya.

Ciri Ciri Kenari Jantan dan Betina yang Siap Kawin

Ciri Ciri Kenari Siap Kawin
image source (burungperkicau.com)

Cara Menjodohkan Kenari harus memenuhi beberapa syarat siapnya kedua indukan kenari tersebut. Karena jika kedua indukan atau ada salah satu indukan yang belum siap kawin, maka proses penjodohan nya bisa dipastikan akan gagal nantinya.

Sebelum masuk pada proses pemilihan bibit indukan kenari yang berkualitas, maka kita harus bisa mengetahui ciri ciri kenari jantan maupun betina nya terlebih dahulu dari burung kenari tersebut.

Bagi Anda jika mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin indukan, maka Anda bisa membawa seorang teman atau saudara yang sudah ahli dalam memebedakan indukan kenari betina ataupun jantan.

Baca Juga : Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang

Jika proses mendapatkan kedua indukan betina dan jantannya sudah selesai, maka kita perlu mempersiapkan kondisi mental dari kedua indukan tersebut agar proses penjodohan berjalan sempurna.

Fisik dan kondisi mental dari Burung Kenari yang bagus sangat berpengaruh dalam proses perkawinan nantinya. Jadi jangan di anggap remeh masalah mental dan fisik dari Burung Kenari ini karena memang sangat penting sekali.

Berikut ini kami berikan ulasan singkat mengenai Cari Ciri Kenari Jantan dan Betina yang telah siap untuk dikawinkan agar bisa Anda jadikan panduan dalam proses pemilihan indukan sebelum memutuskan untuk membelinya nanti.

Ciri Kenari Kelamin Jantan Siap Ternak

  • Burung Kenari yang sudah siap kawin biasa nya punya kebiasaan gacor atau rajin sekali berkicau.
    Ketika berkicau biasanya si kenari jantan akan menurunkan kedua sayap nya sebagai penanda pada si betina nya.
  • Burung Kenari yang telah siap kawin juga bisa di lihat kondisi kicau nya yang lebih panjang dari biasanya dan juga terdengar lebih nyaring daripada kondisi normal sebelum nya.

    Penjodohan Kenari
    image source (aeiroura.blogspot.com)
  • Yang paling jelas perubahan kondisinya jika sudah siap kawin yaitu ketika sangkar si jantan di dekatkan dengan sangkar betinanya maka si jantan akan bergerak naik turun secara terus menerus seperti ingin masuk ke sangkar si betina.

Ciri Kenari Kelamin Betina Siap Kawin

  • Biasanya tanda yang terlihat jelas jika si burung betina sudah siap di kawinkan ialah kondisinya jadi galau atau jadi gelisah ketika sangkar nya di dekatkan dengan sangkar si jantan.
  • Jika hanya mendengar saja Suara Kicau si jantan, maka biasanya si betina akan mengepakkan bagian sayap nya yang dibarengi dengan kicauan lirih atau mencicit.
  • Kenari betina yang gelagatnya telah siap kawin juga seringkali mengangkuti kertas, bulu bulu, daun daunan kering dan lain lain ke bagian atas sarangnya.

Cara Menjodohkan Kedua Indukan Kenari
Setelah kita mendapatkan kedua jenis indukan yang bagus dan berkualitas serta sudah benar benar yakin bahwa kedua indukan tersebut sudah siap dikawinkan, maka tugas selanjutnya tentu saja masuk ke proses Cara Menjodohkan Kenari.

Sangkar yang memang khusus diperuntukkan bagi kedua indukan tersebut juga harus diperhatikan dengan seksama. Kandang harus pas dengan catatan tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar dan tentu saja terbebas dari hewan hewan pengganggu.

Proses Perjodohan Kedua Indukan Kenari

Perkawinan Burung Kenari
image source (burungkenari.com)

Anda bisa mendekatkan dulu sangkar dari masing masing indukan sedekat mungkin. Lalu coba amati perubahan sikap kedua nya, jika sikapnya sudah menunjukkan tanda tanda seperti Ciri Ciri yang disebutkan di atas, maka Anda bisa segera menyatukan keduanya di dalam kandang penangkaran khusus.

Biasanya proses pendekatan kedua sangkar tadi membutuhkan waktu sekitar 3 harian, meskipun kadang kadang ada yang lebih lama atau lebih cepat waktunya. Dan pastikan selama proses pendekatan itu keduanya dalam kondisi sehat selalu.

Pemberian Pakan Kenari pada kedua indukan yang dalam proses PDKT tersebut juga menjadi salah satu syarat keberhasilan dalam proses Cara Menjodohkan Kenari, karena makanan merupakan asupan penting yang tidak boleh terlewatkan.

Cara Mengawinkan Kedua Indukan Kenari
Jika semua tanda sudah Anda lihat pada keuda indukan tersebut, maka Anda bisa mengambil keduanya dan memasukkannya ke dalam kandang khusus penangkaran untuk proses selanjutnya.

Jika kedua indukan tersebut memang berjodoh, maka proses bercampurnya kedua indukan tersebut akan disertai dengan saling meloloh pada kedua pasangan kenari tersebut. Selanjutnya Anda akan melihat keduanya kawin.

Proses perkawinan itu sendiri biasanya ada yang butuh waktu cukup cepat namun kadangkala juga butuh waktu yang cukup lama. Intinya setelah beberapa dari perkawinan awal, biasanya si betina akan mengangkuti daun daunan kering yang telah Anda siapkan di dalam kandang penangkaran.

Anda bisa merasakan hasil jerih payah yang telah Anda keluarkan selama ini seperti rasa lelah, waktu yang terbuang dan lain sebagainya setelah beberapa minggu ke depan dengan menetasnya telur telur di sarang penangkaran.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai Cara Menjodohkan Kenari Paling Mudah Untuk Pemula yang bisa kami sampaikan. Semoga uraian singkat tentang Burung Kenari di atas bisa memberi banyak manfaat untuk Anda semua.