Cara Menjodohkan Lovebird dan Cara Mengawinkannya

MasterKicau.net – Cara Menjodohkan Lovebird bagi sebagian pemula emang bisa dibilang gampang gampang susah. Burung Cinta yang dalam 1 dekade terakhir sangat diminati banyak orang ini makin banyak saja yang berusaha membudidayakan nya sebagai usaha tambahan yang cukup menggiurkan.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula 100% Berhasil

Proses penjodohan Burung Lovebird sendiri memang terkait erat dengan kepercayaan pada kebanyakan orang bahwa Burung Cinta ini sangat setia sekali pada pasangannya, hingga misal pasangannya mati atau dipisahkan, maka dia akan men-jomblo selamanya sampai mati.

cara menjodohkan lovebird
image source (siabsurd.blogspot.com)

Padahal dalam kenyataannya, di banyak Penangkaran Lovebird justru banyak yang menerapkan metode Poligami dalam proses perkawinan antar indukannya. Barangkali memang beda karakter beda kesetiaan ya wkwkwkwk.

Balik lagi pada pembahasan awal, bahwa sebelum masuk pada proses perkawinan maka sang Burung Cinta tersebut harus melalui proses penjodohan terlebih dahulu. Tidak bisa kita memasukkan indukan jantan dan betina dalam 1 kandang penangkaran secara langsung tanpa proses penjodohan.

Baca Juga : Harga Burung Lovebird Paling Lengkap Terbaru Update

Jika hal tersebut dilakukan, bisa jadi buka perkawinan yang kita saksikan, namun pertengkaran antar kedua indukan yang justru kita lihat. Oleh karena nya, kita harus tahu Cara Menjodohkan Lovebird terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kandang penangkaran.

Cara Menjodohkan Lovebird

Dalam proses menjodohkan Burung Lovebird, setiap penangkar tentu saja memiliki cara yang berbeda beda satu dengan lainnya. Di bawah ini kami uraikan sedikit informasi mengenai metode terbaik dalam menjodohkan Lovebird.

cara menjodohkan lovebird sepasang
image source (sekedarhobi88.blogspot.com)

Dalam proses perjodohan Lovebird, hal mendasar yang harus di perhatikan terlebih dahulu agar sukses tentu saja usia dari masing masing indukan. Untuk jantan nya usahakan yang sudah berusia 1 tahunan lebih, dan untuk si betina nya minimal usianya sekitar 8 bulanan ke atas.

Menjodohkan Lovebird Hanya Sepasang
Proses penjodohan Burung Lovebird ada 2 cara yang dikenal selama ini, yakni penjodohan sepasang dan penjodohan koloni. Adapun Cara Menjodohkan Lovebird yang hanya sepasang saja, maka teknis yang bisa dilakukan adalah

  1. Pilihlah indukan Lovebird yang masih muda baik yang betina maupun yang jantan, namun jika sudah matang usia nya juga tidak masalah.
  2. Jika usia Lovebird masih tergolong muda, maka Anda bisa langsung memasukkan keduanya dalam 1 sangkar hingga masing masing nya cukup mengenal satu dengan lainnya.
  3. Jika usia indukan Lovebird sudah dewasa atau sudah matang masing masingnya, maka pisahkan dahulu keduanya dalam sangkar yang berbeda. Dekatkan masing masing sangkar hingga keduanya ada tanda tanda saling menyukai baru Anda satukan keduanya dalam satu sangkar panangkaran.
  4. Jika kedua indukan sudah saling bercumbu atau saling mengadu paruh masing masing, maka hal proses penjodohan kedua indukan sudah berhasil dengan sempurna.

Burung Lovebird sejak dulu sudah terkenal sebagai jenis burung pemilih, khususnya yang sudah dewasa. Seringkali kalau sudah merasa tidak cocok, maka sang jantan atau betina nya akan mencari pasangan lainnya.

Baca Juga : Harga Lovebird Batman Beserta Jenis dan Gambarnya

Itulah kenapa kebanyakan penangkar Lovebird akan berusaha menjodohkan Lovebird sejak usia nya masih remaja karena jika sejak dini sudah berjodoh, maka saat dewasa pun akan terus berjodoh.

Cara Monjodohkan Lovebird Secara Kelompok
Cara penjodohan secara poligami ini termasuk yang terbaik karena masing masing indukan dalam kandang tersebut dapat memilih pasangannya sendiri sesuai dengan seleranya, dan di alam aslinya burung ini termasuk burung koloni alias suka berkelompok hidupnya.

Untuk memulainya, siapkan Kandang Penangkaran yang cukup luas dengan beberapa ekor indukan baik jantan maupun betina dan juga Gelodok atau Sangkar Pengeraman. Misalnya 4 betina dan juga 4 ekor jantan. Untuk teknis nya bisa Anda ikutin petunjuknya di bawah ini.

cara menjodohkan burung lovebird
image source (faunadanflora.com)
  1. Siapkan indukan Lovebird yang sudah memasuki usia dewasa siap kawin dalam 1 Kandang besar, minimal 3 pasang dan kalau bisa lebih banyak lebih bagus. Namun harus di perhatikan, jangan sampai jumlah jantan nya melebihi jumlah betinanya.
  2. Siapkan juga Gelodok atau Kandang Pengeraman (sarang bertelur Lovebird yang biasanya dijual di toko burung). Susunlah dengan jarak yang tidak terlalu meper satu sama lainnya dan pastikan jumlahnya pas atau lebih juga tidak apa apa.
  3. Kemudain Anda bisa masukkan semua indukan yang telah disiapkan dalam kandang lalu tunggulah sampai mereka berpasangan satu dengan lainnya hingga mereka kawin dan memilih sendiri Gelodok nya.

Cara Mengawinkan Lovebird
Untuk proses perkawinan nya, biarkan saja semua nya berjalan secara alami dalam kandang penangkaran hingga mereka bertelur dalam gelodok gelodok yang mereka pilih sendiri.

Anda cukup memperhatikan atau mengawasi saja semuanya dan tentu saja jangan lupa untuk selalu memberi Pakan Lovebird terbaik agar asupan gizi dari masing masing indukan bisa terus terjaga.

Baca Juga : Memantau Kotak Pengeraman dengan CCTV Buatan Sendiri

Indukan Lovebird biasanya akan mengerami telur telurnya dalam waktu sekitar 21 harian hingga menetasnya. Setiap indukan akan bertelur sebanyak 3-4 butir atau kadang juga lebih dari 4 butir.

Jika telur telurnya sudah menetas, maka biarkan terlebih dahulu diloloh sama indukanya sendiri. Anda bisa mulai mengambilnya pada usia anakan sekitar 10 harian atau lebih tergantung kebutuhan.

Jika anakan nya sudah Anda ambil, maka proses perkawinan selanjutnya sudah akan berjalan secara alami dan lebih mudah karena tinggal melanjutkan saja alias tidak perlu proses penjodohan lagi dari awal dan pastinya akan lebih cepat lagi daripada sebelumnya.

Demikianlah ulasan cukup singkat dari kami mengenai Cara Menjodohkan Lovebird dan Cara Mengawinkannya dengan harapan bisa memberi sedikit pencerahan bagi Anda semua. Semoga bahasan tentang Burung Lovebird kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk semuanya.

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu