Cara Merawat Kacer Untuk Pemula Agar Cepat Gacor

MasterKicau.net – Cara merawat kacer merupakan faktor penentu yang harus dilakukan setelah membeli nya pertama kali. Karena jarang sekali yang membeli burung kacer hanya untuk dipelihara saja, pastinya ingin mendengar Suara Kicau sang burung kacer yang merdu.

Baca Juga : Cara Ternak Kacer yang Mudah dengan Perhitungan Usaha

Hampir semua Master Kicau di mana pun berada tidak ingin hanya sekedar memelihara saja burung kacer yang baru dibelinya, bisa dipastikan mereka semua ingin mendengar suara gacor nya yang merdu.

Cara Merawat Kacer Untuk Pemula Agar Cepat Gacor
Cara Merawat Kacer (masterburung.info)

Namun masalahnya, tidak semua Kicau Mania yang mengerti dengan benar cara merawat kacer agar bisa maksimal suara gacor nya. Kebanyakan mereka semua akan kebingungan saat pertama kalinya merawat burung kacer idaman nya.

Karena intinya, dibutuhkan banyak waktu, tenaga, keuletan, kesabaran dan tentu saja cara yang benar dalam merawat burung kacer agar bisa maksimal mengeluarkan suara kicau nya yang merdu dan tentu saja agar si burung bisa selalu sehat.

Perawatan burung kacer yang benar memang penting sekali, apalagi bagi seorang pemula yang baru saja membeli seekor kacer di pasar burung. Agar kacer bisa gacor secara maksimal tentu saja tidak cukup hanya membersihkan sangkar dan memberinya makan saja, namun juga harus faham sekali tentang Cara Merawat Kacer dengan benar.

Cara Merawat Kacer Untuk Pemula

Lalu bagaimana caranya agar si burung kacer bisa mengeluarkan Suara Kicau nya yang merdu dan kondisinya bisa lebih sehat?

Ada beberapa tahapan agar suara gacor burung kacer bisa keluar lebih maksimal yang harus dilakukan secara rutin tiap harinya. Berikut ini panduan step by step Cara Merawat Burung Kacer yang harus dilakukan setiap harinya secara rutin.

Pilihlah Kacer Jenis Jantan
Kacer yang bisa mengeluarkan Suara Kicau dengan gacor hanyalah yang jantan saja. Jika Anda masih pemula, ada baiknya Anda mengerti cara membedakan kacer jantan sebelum membelinya.

Cara Merawat Kacer Jantan
Cara Merawat Kacer Jantan (kicaumania.xyz)

Adapun ciri-ciri kacer yang jantan ialah :

  • Bentuk kepala nya agak rata atau kelihatan lebih persegi daripada yang betina.
  • Paruh kacer jantan selain lebih pendek, biasanya di bagian bawah dan atasnya terlihat warna hitam.
  • Untuk kacer jantan yang trotolan, biasanya memiliki bercak hitam atau blackspot sekitar 1-2 jumlahnya.
  • Di bagian punggung dan sayap nya terlihat warna legam atau hitam.
  • Kacer jantan bentuk tubuhnya terlihat lebih bulat daripada kacer jenis betina nya.
  • Ketika sedang dalam kondisi diam, kacer jantan bagian ekornya akan terlihat lebih rapi atau rapat dan tidak terpisah-pisah.
  • Dan terakhir, pastinya Suara Kicau dari kacer jantan terdengar lebih nyaring dan lebih banyak variasinya.

Variasi Pakan dan Minum Kacer
Agar kacer bisa menjadi Burung Kicau yang bagus dan sehat maka harus memperoleh asupan gizi terbaik dari beberapa jenis pakan burung, baik pakan burung buatan seperti voer dll maupun pakan burung alami seperti ulat bambu, jangkrik, ulat hongkong, belalang, cacing tanah maupun kroto.

Cara merawat Kacer yang baik tentu saja tidak terlepas dengan pemberian pakan jangkrik sekitar 2-5 ekor setiap harinya pada pagi atau sorenya dan untuk pakan kroto atau ulat hongkong nya bisa diberikan sekitar 1 sendok makan saja tiap harinya atau setiap 3 hari sekali.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Kacer Giras Dalam Waktu Singkat

Sedangkan untuk pakan voer nya bisa dijadikan sebagai makanan tambahan bagi Burung Kicau dan jangan lupa untuk memperhatikan kandungan protein nya. Kandungan protein pada pakan voer yang baik biasanya sekitar 12-18 persen jumlahnya.

Untuk minuman terbaik bagi burung kacer biasanya memakai air minum yang sudah matang karena air yang telah melalui proses pemasakan biasanya akan hilang /mati semua bakteri-bakteri nya dan hal ini bisa menjaga sistem pencernaan burung makin baik dan tenggorokan nya selalu terjaga.

Pembersihan Sangkar
Proses pembersihan sangkar harus dilakukan secara rutin setiap hari nya agar kesehatan burung kacer bisa selalu terjaga, karena sangkar yang jarang dibersihkan atau terlambat dibersihkan akan mudah ter-kontaminasi bakteri dan jamur yang bisa membahayakan si burung nantinya.

Cara Memandikan Kacer
image source (youtube.com)

Anda bisa membersihkan sangkar dengan cara menyemprotnya menggunakan semprotan khusus sangkar dan diakhiri dengan menyemprotkan disinfektan sebagai pencegah virus dan bakteri yang membahayakan burung sebagai bagian dari Cara Merawat Burung Kacer yang baik.

Proses Pemandian dan Penjemuran
Sebelum burung kacer Anda mandikan, sebaiknya si kacer di angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15-30 menitan sebagai pemanasan awal. Setelah itu barulah burung kacer bisa dimandikan dengan di semprot sampai basah kuyup.

Setelah si burung kacer sudah basah kuyup, lalu biarkan kacer di tempat terbuka atau di jemur di terik matahari (sekitar jam 8-10an pagi) sampai bulu-bulu nya mengering dengan sempurna dan burung memperoleh tambahan vitamin D dari sinar mentari secara langsung.

Pemasteran Kacer
Cara merawat kacer agar bisa gacor dengan suara yang maksimal tentu saja tidak bisa dilepaskan juga dengan proses pemasteran. Hal ini bisa dilakukan tiap sore hari sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca di sekitar lingkungan Anda tinggal.

Baca Juga : Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Makin Rajin Berkicau

Pemasteran yang baik tentu saja harus dilakukan dengan cara memilih Master Kicau yang terbaik dari Burung Berkicau yang telah jadi sebelumnya. Anda bisa memperoleh banyak Master Kicau di internet yang sekarang ini bisa dengan mudah di download secara gratis.

Lingkungan yang Tepat untuk Kacer
Kacer termasuk burung yang lebih suka dengan lingkungan yang tenang. Jadi jika Anda menginginkan burung kacer Anda supaya tidak terlalu stres, maka sebaiknya Anda tempatkan sangkarnya ke lokasi yang agak sepi dari keramaian.

Pelatihan Mental Kacer
image source (youtube.com)

Namun harus dipastikan, keberadaan sangkar kacer jangan sampai mudah di jangkau oleh hewan-hewan yang mudah mengganggu seperti ular, kucing, semut, tikus, cicak dan sebagainya.

Pelatihan Mental Burung Kacer
Cara merawat kacer yang bisa dibilang jadi kewajiban adalah melatihnya agar punya mental lebih berani hingga lebih mudah untuk gacor nantinya. Anda bisa melatihnya dengan membawanya ke tempat-tempat yang agak ramai.

Lokasi seperti pinggir jalan (depan rumah), daerah sekitaran pasar tradisional, lokasi gantangan atau lokasi-lokasi ramai lainnya bisa menjadi tempat terbaik untuk melatih kacer agar punya mental pemberani.

Cara Menjinakkan Kacer

Cara Merawat Burung Kacer yang bisa dilakukan agar lebih cepat gacor suaranya bisa dilakukan dengan memberi perlakuan khusus kepadanya. Anda bisa membuatnya lebih jinak dengan memperhatikan nya lebih dekat lagi.

Sering-seringlah bercengkrama dengan nya, Anda bisa lebih mengenalnya agar keberadaan Anda dan orang-orang di sekitar Anda lebih dikenal oleh burung kacer tersebut hingga dia tidak merasa asing dan tidak merasa takut.

Kerodong Sangkar Kacer Saat Malam
Usahakan ketika malam hari atau saat musim penghujan untuk memberi kerodong pada sangkar kacer agar dia tidak sampai merasa kedinginan. Kondisi cuaca yang cukup dingin dalam semalaman bisa berdampak buruk bagi kesehatan burung kacer.

Diadu dengan Master Kicau Lain
Yang terakhir agar burung kacer bisa lebih cepat gacor suara kicau nya tentu saja harus diadu dengan burung berkicau lainnya yang memiliki Suara Kicau lebih rendah darinya agar kondisi mental tidak drop atau tidak merasa minder.

Baca Juga : Harga Kacer Paling Lengkap Terbaru Update

Itulah tahapan-tahapan yang bisa Anda lakukan untuk membuat burung kacer bisa mengeluarkan suara kicau nya dengan maksimal. Jika semua tahapan di atas sudah Anda lakukan namun si-kacer tidak gacor juga, maka Anda perlu memberinya vitamin tambahan sebagai penambah asupan gizi nya.

Anda bisa bertanya kepada toko penjual perlengkapan burung berkicau di kota Anda kira-kira vitamin apa ya yang bagus agar kacer bisa gacor dengan maksimal.

Demikianlah beberapa Cara Merawat Kacer Untuk Pemula Agar Cepat Gacor yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda bisa melihat hasil yang lebih bagus pada kacer peliharaan Anda.

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu