Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang

MasterKicau.net – Bahasan khusus mengenai Cara Merawat Kenari ini sengaja Master Kicau hadirkan mengingat makin banyaknya pecinta kicauan di tanah air yang ingin memelihara burung imut nan cantik ini sejak beberapa tahun belakangan.

Baca Juga : Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah dan Lengkap

Kebanyakan Kicau Mania memang punya keinginan untuk memelihara burung yang terkenal dengan gacor panjangnya ini. Namun kendala pengetahuan tentang cara memelihara atau merawatnya yang selama ini jadi aral terbesarnya.

Jika Anda bener bener ingin memelihara atau merawat Burung Kenari ini, maka Anda sudah berada di tempat yang benar sekarang ini. Kami akan memberi ulasan cukup lengkap mengenai Cara Merawat Kenari yang baik agar bisa berkicau dengan bagus dan panjang.

Cara Merawat Kenari agar Gacor
image source (kijiji.it)

Dalam ulasan kali ini setidaknya akan dibahas beberapa point penting yang harus benar benar di perhatikan agar proses perawatan Kenari ini bisa sukses dan memberi hasil yang sesuai keinginan kita. Proses perawatan rutin harian nya seperti masalah kandang atau sangkar, Pakan Kenari maupun gangguan gangguan yang mungkin saja terjadi menjadi pusat bahasan kali ini.

Intinya, semua hal yang berkaitan dengan perawatan Burung Kenari baik Kenari yang sedang dalam kondisi Mabung atau bulunya ambrol, Kenari yang ingin Suara Kicau nya bisa ngerol panjang dan lain lain termasuk bahasan mengenai usia Kenari itu sendiri baik yang masih anakan maupun yang sudah dewasa serta juga Kenari yang Suaranya sedang macet bahkan semua jenis Kenari mulai dari AF, F1, F2 dan turunannya seperti Yorshire dan sebagainya.

Berikut ini langkah langkah yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan Kenari agar bisa memiliki Suara Gacor yang panjang dan nyaring.

1. Hindari Hembusan Angin Kencang Langsung
Ketika proses menggantung sangkar baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, sebaiknya jangan di gantung di tempat yang terkena hembusan angin kencang secara langsung seperti di dekat jendela, dekat kipas angin ataupun di dekat pendingin ruangan (AC).

Tips Merawat Kenari
image source (jalaksuren.net)

Masalah sederhana ini seringkali luput dari perhatian para pemula karena ketidaktahuannya mengenai Cara Merawat Kenari yang baik dan benar, karena jika sangkar kenari terlalu sering terkena hembusan angin lngsung, maka akan besar kemungkinannya si Kenari terkena serangan penyakit.

Karena bagaimanapun, hrmbusan angin kencang yang terjadi terus menerus akan membuat si Kenari menjadi kedinginan dan hal itu akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya.

Untuk mengetahui dengan tepat suatu lokasi mendapat hembusan angin kencang atu tidaknya, maka Anda bisa mrnyalakan sebuah lilin di dekat sangkar. Jika api di lilin bergerak gerak liar, maka itu tandanya di sekitaran lokasi tersebut banyak hembusan angin kencang. Segera pimdahkan sangkar ke lokasi yang lebih aman tentunya.

2. Hindari Pancaran Matahari Langsung
Maksud dari “hindari sinar matahari langsung” ini tidak lain adalah menghindarkan Burung Kenari terkena paparan sinar mentari langsung secara terus menerus dalam kondisi matahari sedang terik teriknya.

Hal ini sangat membahayakan kondisi Kenari itu sendiri yang dalam beberapa kasus seringkali di jumpai kematian Burung Kenari karena serangan Heat Stroke secara tiba tiba. Padahal jika dilakukan proses penjemuran dengan waktu dan intensitas yang benar, maka banyak sekali manfaatnya untuk si Kenari.

Baca Juga : Harga Kenari Paling Lengkap Terbaru Update

Proses penjemuran pada burung jenis apapun memang harus diperhatikan betul waktunya dan tidak boleh sembarangan karena bisa berakibat fatal nantinya, misalkan di jemur saat pagi hari atau ketika sore hari menjelang matahari akan terbenam.

Burung Kenari
image source (memelihara.com)

Proses penjemuran pada siang hari ketika matahari sedang terik teriknya bisa dilakukan dengan catatan Anda harus memperhatikan betul kondisi si burung, jika sudah mulai terlihat ngos ngosan, maka Anda bisa memindahkan sangkarnya ke lokasi yang lebih teduh.

Anda juga bisa memberi sedikit penutup di bagian atas sangkar semacam kain kecil atau potongan triplek agar jika merasa kepanasan maka si burung bisa berteduh di bawahnya. Hal seperti sangat bagus karena Anda tidak perlu memperhatikannya setiap saat.

3. Ketersediaan Air Bersih
Perlu di perhatikan ya, Burung Kenari merupakan spesies yang tidak bisa hidup tanpa kecukupan air minum dalam waktu lama karena dalam hal ini si Kenari memiliki tingkat metabolisme yang cukup tinggi dibandingkan dengan burung berkicau lainnya.

Ketersediaan air minum menjadi sangat mutlak bagi seekor Kenari dan usahakan memberi air minum dari air kemasan yang terjamin kebersihan dan higienisitasnya agar kondisi kenari bisa selalu sehat dan segar serta terhindar dari serangan banyak penyakit.

4. Ketersedian Pakan Bijian
Cara Merawat Kenari yang baik juga tidak terlepas dari pemberian pakan nya. Kenari memiliki makanan kesukaan dan bida dibilang wajib untuk kenari yaitu makanan berjenis biji bijian.

Ketersediaan pakan tiap harinya memang harus selalu terpenuhi dalam jumlah yang memadai. Pakan Kenari yang bagus dan seringkali digunakan banyak pecinta Kenari adalah Canary Seed, Niger Seed dan Millet. Anda juga bisa mengkombinasikan ketiganya atau mencampur ketiganya.

Cara Merawat Kenari agar Bunyi Panjang
image source (kenarian.com)

5. Pakan Kenari Tambahan
Agar asupan gizi dari Burung Kenari bisa selalu terjaga dengan baik, maka Anda bisa memberi pakan tambahan bagi si Kenari seperti telur matang yang cukup banyak protein nya baik telur ayam maupun telur puyuh.

Anda juga bisa memberikan pakan sayuran segar seperti brokoli, wortel, selada dan sayuran segar lainnya. Buah buahan juga sangat bagus untuk perkembangan si Kenari apalagi ketika sedang mengerami telur telurnya.

6. Pemberian Pakan Tambahan / Mulivitamin
Cara merawat Kenari yang baik juga tergantung dengan asupan gizi yang di terima oleh Burung Kenari tersebut. Pemberian makanan tambahan seperti sayuran segar, telur matang dan buah buahan merupakan salah satunya.

Meskipun kadangkala kita tidak bisa mengukur dengan tepat setiap kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam pakan tambahan tersebut, setidaknya kita berusaha memberi yang terbaik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh si Kenari secara global.

Memang sih, perbedaan utama antara pakan utama yang diformulakan dengan pakan tambahan yang mengandung vitamin. Jika protein, serar kasar maupun lemak bisa di prediksi dari formula yang berikan, tentu saja untuk vitamin tidak bisa sesederhana itu melakukannya.

Baca Juga : Harga Lovebird Biola Terbaru di Pasaran Lengkap

Contohnya pemberian pakan Millet, Canary Seed atau Niger Seed yang bisa dengan mudah diformulasikan dengan model penyusunan formula seperti para peternak ayam dalam menghitung energi dari metabolisme si Kenari agar asupan protein, serat kasar dan lemaknya dapat terpenuhi dengan baik.

Dalam pemberian pakan yang berhubungan dengan vitamin memang agak sedikit berbeda, karena para Penangkar Kenari biasanya akan memberi asupan vitamin dan mineral dari suplemen khusus Kenari yang terkandung multivitamin di dalamnya.

Pakan KenariAda banyak jenis multivitamin atau suplemen khusus Kenari yang bisa dengan mudah diperoleh di toko toko perlengkapan Burung Berkicau di areal terdekat Anda seperti merk BirdVit dan merek merek lainnya.

Jika burung mengalami kekurangan vitamin dalam tubuh nya, maka biasanya disebut defisiensi (gangguan akibat kurangnya vitamin tertentu dalam tubuh si burung). Misal jika si burung kurang asupan vitamin dan B dan D namun vitamin A dan C nya tercukupi, maka si burung akan mengalami gangguan klinis seperti penglihatannya terganggu atau yang paling sering terjadi biasanya si burung terlihat loyo.

Namun yang bagusnya adalah jika vitamin yang diserap oleh si burung mengalami kelebihan, maka semua kelebihan vitamin tersebut akan langsung keluar bersamaan dengan feces atau kotoran dari burung tersebut dan tidak akan mengendap seperti halnya jika kelebihan lemak atau protein.

Karena itu, sebaiknya diberikan vitamin yang lebih dari cukup pada burung peliharaan agar tidak sampai berdampak negatif pada burung kicauan. Jikapun harus kelebihan tentu saja akan aman aman saja daripada jika kekurangan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan si Kenari nantinya.

7. Pemberian Mineral Pada Kenari
Cara Merawat Kenari juga tidak bisa dilepaskan dengan pemberian asupan mineral penting bagi si Kenari, seperti zat seng (zincum), zat besi (ferum), kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan lain sebagainya. Jika si Kenari sampai kekurangan salah satunya, maka kondisi tubuhnya akan mengalami gangguan sesuai tingkat kekurangan nya.

Gangguan gangguan yang terjadi pada si Kenari pastinya akan bermacam macam tergantung dari jenis zat apa yang kurang asupannya dan seberapa parah tingkat kekurangannya karena setiap burung atau setiap jenis kenari juga memiliki daya tahan yang berbeda beda pastinya.

Cara Merawat Kenari
image source (youtube.com)

itulah sebabnya, Cara Merawat Kenari emang tidak bisa lepas dari yang namanya mineral ini. Bahkan termasuk salah satu kebutuhan yang mutlak harus diberikan pada si Kenari meskipun jumlahnya tidak sebanyak asupan protein atau lemak dan lainnya namun tetap haruslah ada tiap harinya.

Banyak sekali Kicau Mania yang menjadikan tulang sotong sebagai pakan ekstra untuk memenuhi asupan mineral bagi burung kicauannya karena mereka berkeyakinan bahwa tulang sotong mengandung banyak sekali mineral mineral penting yang bagus bagi kesehatan Kenari.

Namun banyak juga para analis yang menyatakan jika tulang sotong tersebut ternyata juga mengandung banyak sekali NACL atau garam hingga kurang bagus jika dikonsumsi secara terus menerus oleh si Kenari atau burung berkicau lainnya.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa mencoba beralih ke pakan khusus burung yang memang didalamnya terkandung banyak mineral namun tidak mengandung garam yang berlebihan. Anda bisa mencoba memberikan BirdMineral yang banyak dijual di toko toko burung kicauan di kota Anda.

Semua keputusannya memang mutlak di tangan Anda, apakah akan menggunakan tulang sotong seterusnya atau beralih ke pakan tambahan mineral yang jauh lebih higienis dan lebih terjamin mutunya daripada tulang sotong.

8. Kebersihan Kandang Selalu Terjaga
Cara Merawat Kenari berikutnya tentu saja berhubungan dengan kebersihan sangkar atau kandangnya. Kandang atau sangkar yang bersih merupakan syarat mutlak bagi kesehatan burung jenis apapun dan termasuk Kenari itu sendiri.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Lovebird dan Cara Mengawinkannya

Usahakan untuk selalu membersihkan sangkar Burung Kenari dari kotoran kotorannya setiap hari secara rutin tiap pagi dan sore minimal saat pagi hari. Jika kandang kondisinya bersih tentu saja kondisi kesehatan si kenari juga lebih terjaga.

Jangan lupa, tenggeran Kenari juga harus Anda bersihkan minimal seminggu sekali karena tenggeran termasuk salah satu yang bersinggungan langsung dengan kaki burung kenari. Dan seringkali burung akan mengusap ngusapkan paruhnya ke bagian tenggerannya, jika kondisinya kotor, maka bisa dipastikan si burung akan sangat rentan dengan serangan berbagai penyakit nantinya.

9. Waspada Kutu atau Tungau

Merawat kenari
image source (burungbudidaya.blogspot.com)

Seorang pemelihara Burung Kenari biasanya seringkali menjumpai hal hal yang sifatnya sepele namun karena ketidaktahuan akhirnya malah jadi hal yang berbahaya. Hal tersebut paling sering terjadi karena serangan parasit parasit yang sifatnya bisa membunuh secara perlahan pada Kenari.

Jenis jenis parasit baik yang sifatnya menyerang dari dalam seperti tungau kantung udara dan cacing maupun yang sifatnya menyerang dari luar tubuh seperti tungau merah memang sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa perhatian sama sekali.

Seringkali Burung Kenari terkena serangan penyakit di bagian kakinya karena adanya tungau kaki. Meskipun penyakit ini tergolong jarang menimbulkan kematian, namun banyak juga Burung Kenari yang kakinya sampai cacat akibat serangan tungau yang satu ini.

Baca Juga : Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli Lengkap dengan Gambarnya

Untuk proses pencegahan di bagian luar tubuh si Kenari, maka Anda bisa menggunakan produk yang cukup bagus dan sering dipakai oleh para pecinta Kenari dan burung berkicau lainnya yaitu FreshAves. Bisa Anda dapatkan di toko toko perlengkapan burung terdekat di kota Anda.

Sedangkan untuk mengusir serangan tungau kantung udara yang sudah terlanjur masuk ke bagian saluran pernafasan burung (membuat burung tidak mau berkicau) maka Anda bisa menggunakan produk BirdFresh yang cukup banyak digunakan pecinta Kenari di tanah air.

10. Menggunting Kuku atau Cakar
Jika Kenari sudah menginjak usia 1 tahunan ato lebih, biasanya bagian kukunya atau cakarnya akan panjang. Sebaiknya Anda potong kuku kukunya jika Anda ingin usaha Ternak Kenari karena dalam proses perkawinan bisa melukai bagian betinanya nanti.

Namun jika hanya sebatas memelihara saja sekedar untuk pemuas hobi kicauan, maka tidak dipotong pun juga tidak apa apa karena juga tidak terlalu berpengaruh apa apa nantinya, hanya saja Anda harus tetap memperhatikan kebersihan kuku kukunya si Kenari agar tidak terlalu kotor.

Demikianlah uraian sangat singkat mengenai Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang yang bisa kami sampaikan. Semoga bahasan tentang Burung Kenari ini bisa memberi banyak manfaat bagi Anda semua.