Cara Ternak Cucak Ijo Dengan Mudah Untuk Pemula

MasterKicau.net – Adakah sahabat Master Kicau yang belum kenal dengan Cucak Ijo? Pastinya kenal semua kan? Karena mulai dari Cara Ternak Cucak Ijo, Cara Merawat Cucak Ijo, Makanan Cucak Ijo hingga suaranya pun banyak di cari kalangan pecinta Burung Kicauan sejak dulu hingga sekarang.

Baca Juga : Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina yang Mudah Dikenali

Cucak ijo, si Burung Kicau yang sudah lama jadi legenda di kalangan Kicau Mania ini merupakan salah satu burung yang suara kicau nya wajib dijadikan sebagai masteran bagi burung lainnya. Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan nya makin hari semakin banyak saja yang menggemarinya.

Cara Ternak Cucak Ijo dengan Mudah untuk Pemula
image source (burungbahagia.blogspot.com)

Banyak sekali Kicau Mania yang memelihara Cucak Ijo sebagai bagian tak terpisahkan dari hobinya alias menjadikan cucak ijo sebagai burung kicau wajib ada di rumah. Selain karena Suara Kicau nya yang memang luar biasa bagus, ternyata warna bulunya yang hijau membuat banyak orang menyukai nya.

Burung Cucak Ijo juga terkenal dengan ketahanan mental nya yang sangat bagus dan dikenal sebagai burung yang tidak gampang takut. Bahkan saking banyaknya penggemar cucak ijo ini hingga banyak sekali perlombaan khusus cucak ijo yang diadakan di berbagai wilayah hingga ke pelosok-pelosok pun ada yang menggelar lomba khusus cucak ijo ini.

Selain banyak yang sekedar memelihara nya sebagai Burung Kicau di rumah, ternyata banyak juga yang berusaha menjadikan nya sebagai ladang usaha baru dengan cara ternak cucak ijo sendiri di rumah karena ter-obsesi keuntungan nya yang cukup menggiurkan, meskipun merawat cucak ijo masih tergolong susah bagi para pemula.

Cara Ternak Cucak Ijo Dengan Mudah

Cara Ternak Cucak Ijo yang masih tergolong sulit tidak membuat surut banyak penangkar Burung Kicau karena Harga Cucak Ijo di pasaran yang masih sangat tinggi. Kebanyakan penangkar cucak ijo akan rela dan tetap senang beternak cucak ijo demi keuntungan yang akan diperoleh nya.

Bagi yang sudah lama memelihara cucak ijo di rumah sebagai penebus hobi, memang lebih mudah jika harus ternak cucak ijo karena tinggal mengalihkan saja hobi nya agar menjadi hobi yang menguntungkan bahkan bisa jadi penghasilan utama jika serius dan bersungguh-sungguh.

Baca Juga : Cara Merawat Cucak Ijo Rumahan Agar Gacor Maksimal

Namun pasti berbeda sekali antara memelihara sekedar hobi dengan ternak cucak ijo untuk usaha yang menguntungkan. Mulai dari cara merawat cucak ijo, makanan cucak ijo, kandangnya dan lain-lain yang perlu ekstra keuletan dan ketelatenan.

Bagi sahabat Master Kicau yang sudah bertekad ingin memulai dan mempelajari cara ternak cucak ijo yang baik agar berhasil, maka simak penjelasan step by step nya di bawah ini.

1. Memilih Indukan Cucak Ijo yang Tepat
Agar berhasil melakukan penangkaran burung Cucak Ijo dengan mudah, maka hal pertama yang harus dilakukan tentu saja memilih indukan yang bagus karena dari indukan yang bagus lah bisa dihasilkan anakan yang bagus pula kualitas nya dan tingkat kesuksesan penangkaran lebih terjamin.

Ada tips khusus yang bisa dilakukan ketika memilih indukan Cucak Ijo dengan kualitas yang bagus tersebut, beberapa diantaranya bisa Anda simak pada uraian di bawah ini :

  • Pilihlah indukan betina dengan rentang usia yang berada pada kisaran 1 tahunan dan yang indukan jantan nya bisa Anda pilih yang usia nya sekitar 2 tahunan.
  • Tips lainnya tentu saja jangan sampai memilih Cucak Ijo yang sudah sakit-sakitan atau yang kurang sehat.
  • Khusus untuk indukan Cucak Ijo jantan nya sebaiknya di pilih yang sudah rajin gacor alias yang sudah jadi.
  • Tidak ditemukan sedikitpun tanda-tanda adanya cacat fisik yang terlihat.
  • Postur tubuh dari Cucak Ijo haruslah seimbang (tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus).
  • Soal jenis nya, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda tentu nya

2. Tips Menjodohkan Cucak Ijo
Cara ternak cucak ijo yang paling sulit biasanya terletak pada proses perjodohan nya, apalagi bagi seorang penangkar pemula pastinya lebih sulit lagi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mempermudah dalam proses perjodohan kedua indukan Cucak Ijo :

Baca Juga : Harga Cucak Ijo Paling Lengkap Terbaru Update

Kandang Penangkaran Cucak Ijo
image source (youtube.com)
  • Kedua indukan dari Cucak Ijo yang sudah Anda miliki bisa ditaruh dalam sangkar yang berbeda.
  • Setelah itu kedua sangkar tersebut Anda dekatkan satu dengan lainnya sedekat mungkin (jangan langsung di campur).
  • Jika kedua indukan sudah terlihat kecocokan atau lebih sering terlihat mendekat dengan saling berciulan, maka sudah waktunya untuk Anda campurkan kedua indukan tersebut ke dalam kandang penangkaran.

Sudah terjadi kecocokan atau tidaknya dari kedua indukan tersebut biasanya di tandai dengan si jantan sering bersiul dan di respon dengan seketika oleh si betina. Sedangkan tanda-tanda tidak ada kecocokan ialah salah satu indukan akan menjauh atau tidak merespon kicauan dari lawannya.

3. Tips Khusus Kandang Penangkaran Cucak Ijo
Ada baiknya kandang penangkaran dari kedua indukan Cucak ijo tersebut dibuat dengan ukuran yang cukup luas agar kedua indukan merasa lebih nyaman dan tidak gampang stres. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba untuk terapkan sebelum membuat kandang penangkaran :

  • Ukuran tinggi dari kandang penangkaran sebaiknya minimal 2,5 meteran dan lebarnya sekitar 3 meteran paling minim.
  • Anda bisa menambahkan pepohonan hasil stek (agar tidak terlalu tinggi nantinya) ke dalam kandang agar kondisi kandang penangkaran menyerupai alam liar aslinya. Pohon-pohon seperti mangga, belimbing, sawo dan sebagainya cukup bagus untuk ditaruh di dalam kandang.
  • Makanan dan minuman dari kedua indukan harus selalu tersedia dengan menu bervariasi dan bergizi tinggi.
  • Anda bisa menambahkan tangkringan sebagai tambahan tempat untuk berpijak bagi burung.
  • Di waktu-waktu tertentu bisa Anda tambahkan juga keramba untuk temapt mandi kedua indukan nya.

4. Tips Pakan Harian Cucak Ijo yang Bagus
Kebutuhan akan makanan bagi burung Cucak Ijo memang jadi paling penting dalam proses sukses tidaknya ternak Cucak Ijo. Pakan yang kualitas dan kandungan gizinya yang bagus tentu akan membuat Cucak Ijo makin frsh, senang dan sering gacor.

Pakan Cucak Ijo
image source (suaramerdu-alam.blogspot.co.id)

Ada banyak jenis pakan khusus Cucak Ijo saat ini yang bisa diberikan dengan variasi berbeda-beda seperti voer, sayuran, buah segar, cacing, serangga dan sebagainya. Intinya makanan yang diberikan harus mengandung banyak protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, mineral dan lemak baik.

Baca Juga : Harga Anis Merah Paling Lengkap Terbaru Update

Anda bisa menambahkan vitamin khusus Burung Berkicau yang sekarang sangat mudah ditemukan di pasaran baik online maupun di toko-toko perlengkapan burung di kota Anda.

5. Tips Perawatan Saat Proses Pengeraman
Ketika indukan betina dari Cucak Ijo sudah masuk proses pengeraman, maka sebaiknya kondisi disekitar nya dalam keadaan hening atau tidak terlalu bising. Kondisi yang tenang bisa membuat proses pengeraman menjadi lebih maksimal.

Biasanya proses pengeraman tersebut akan memakan waktu sekitar 2 mingguan, dan sebaiknya jangan berikan pakan EF yang bisa membuat burung jadi lebih agresif hingga hasil pengeraman nya jadi kurang maksimal.

Pengeraman Cucak Ijo
image source (cepotinfo.blogspot.co.id)

Pemberian pakan kroto bisa dilakukan sesaat setelah telur menetas hingga beberapa hari ke depan agar indukan bisa meloloh anak-anaknya lebih maksimal dan pakan kroto memang mengandung banyak sekali protein yang bagus sekali untuk perkembangan anakan Cucak Ijo.

6. Tips Meloloh Anakan Sendiri
Jika anakan Cucak Ijo telah mencapai usia sekitar 5 atau 10 harian, maka Anda bisa mengambilnya untuk diloloh sendiri. Anda bisa melolohnya dengan memakai Suntikan besar yang ujungnya di kasih karet pentil.

Jika usia anakan sudah 15 harian atau lebih, maka Anda bisa mencoba memberinya makan jangkrik dengan terlebih dahulu dibuang kaki-kaki nya agar tidak melukai tenggorokan nya. Hal ini bisa mempercepat perkembangan dari anakan tersebut.

7. Tips Terakhir
Cara ternak Cucak Ijo yang baik juga dipengaruhi oleh tehnik pengambilan anakan setelah usia 5 sampai 10 harian. Hal ini berkaitan erat dengan percepatan dalam proses perkawinan selanjutnya. Karena setelah anakan Anda ambil, maka kedua indukan bisa segera melakukan perkawinan lagi.

Dalam proses perkawinan yang kedua ini tentu saja sudah lebih lancar alias lebih gampang karena kedua indukan sudah berjodoh sebelumnya. Anda bisa memberikan pakan EF agar kedua indukan makin birahi dan perkawinan makin cepat terjadi.

Seiring berjalannya waktu, tentu saja Anda akan makin mahir dan berpengalaman dalam proses penangkaran burung Cucak Ijo nantinya. Suka duka yang Anda peroleh selama masa pemilihan indukan hingga sampai ke penetasan telor tersebut pastinya jadi pengalaman berharga buat Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Ternak Cucak Ijo dengan Mudah untuk Pemula yang cukup singkat ini. Semoga uraian tentang ternak cucak ijo di atas bisa memberi banyak manfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu