Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah dan Lengkap

MasterKicau.net– Cara Ternak Kenari selain bisa menjadi aktifitas yang cukup menyenangkan, ternyata juga bisa memberi keuntungan yang tidak sedikit bagi pemiliknya. Tentu saja jadi menyenangkan karena bisa menyalurkan hobi dan menguntungkan karena dari anakan yang dihasilkan nantinya bisa di jual kembali ke penghobi kenari lainnya.

Baca Juga : Harga Kenari Paling Lengkap Terbaru Update

Banyak sekaliKenari Maniayang awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi pada akhirnya ikutan terjun ke dunia penangkaran kenari. Hal ini karena nilai jual dan prospek pasarnya masih terbuka cukup lebar mengingat permintaan kenari sampai saat ini masih cukup tinggi dipasaran.

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah dan Lengkap
Cara Ternak Kenari (suaraburungs.com)

Harga Kenaribisa dibilang cukup stabil dari waktu ke waktu, mulai dari yang harganya cuman ratusan ribu hingga yang harga jualnya jutaan rupiah. Selain itu, burung kenari bisa dibilang sebagaiBurung Kicaupaling merakyat sepanjang masa. Hal inilah yang jadi salah satu pertimbangan para penghobi kenari untuk ikutan terjun mencoba peruntungan ternak kenari.

Seperti diketahui, biji-bijian termasuk makanan utama burung kenari. postur tubuhnya yang kecil imut dengan paduan corak warna pada bulunya yang cukup indah apalagi ditambah kicauannya yang merdu mengalun panjang akan membuat siapapun menyukainya. Bahkan kenari termasuk yang paling sering dilombakan.

Bagi seorang pemula atau yang calon peternak kenari, sangat disarankan memulai Ternak Kenari jenis lokal atau kenari dengan postur kecil dulu karena memang jauh lebih mudah daripada kenari yang postur tubuhnya besar seperti kenari yorkshire dan sebagainya.

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula

Ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat sebelum memulai usaha ini, seperti menyiapkan sangkarnya, indukannya dan sebagainya. Anda bisa membaca Ternak Kenari Yang Sukses Dengan Perhitungan Usahanya agar mengetahui perkiraan biaya yang harus Anda siapkan nantinya.

Dan jika Anda sudah bertekad ingin langsung beternak kenari, maka Anda bisa memperhatikan langkah demi langkah Cara Ternak Kenari yang cukup lengkap dibawah ini. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membedakan Jenis Kelamin Kenari
Yang paling utama dalam proses ternak kenari agar berhasil tentu saja membedakan jenis kelamin kedua indukannya terlebih dahulu. Tidaklah lucu jika sudah susah-susah menjodohkan kedua indukan sekian lama, ternyata keduanya punya jenis kelamin yang sama.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina
Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina (hartatani.blogspot.com)

Bagi seorang pemula, memang agak sulit membedakan jenis kelamin kedua indukan kenari karena belum terbiasa. Namun seiring berjalannya waktu, Anda bisa dengan mudah membedakannya nanti. Berikut ini tips sederhana membedakan kelamin jantan dan betina dari indukan kenari dewasa.

Kenari Jantan

  • Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina (taopikhidayat740.wordpress.com)
  • Bagian duburnya atau kloakanya lebih menonjol dan tegak lurus atau vertikal.
  • Kicauannya ngerol (memanjang) dan nyaring.
  • Postur tubuh nya terlihat lebih ramping memanjang dan bagian lehernya juga lebih panjang.

Baca Juga : Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang

Kenari Betina

  • Bagian duburnya atau kloakanya datar atau tidak menonjol.
  • Kicauannya tidak ngerol, ada sih yang ngerol namun putus-putus dan tidak nyaring
  • Postur tubuh nya terlihat lebih bulat dan lehernya terlihat lebih pendek.

2. Mengetahui Usia Kenari dan Birahinya
Ternak kenari tidak akan bisa sukses jika faktor usia dan kesiapan kenari untuk kawin tidak diperhatikan dengan seksama karena kedua faktor itu termasuk.sangat fital sebelum proses perjodohan berlangsung.

Indukan kenari betina biasanya akan siap dijodohkan dan dikawinkan saat usianya menginjak 6 bulanan dan untuk indukan jantannya biasanya ada direntang usia 8 bulanan. Sedangkan kenari yorkshire atau kenari keturunan lainnya yang memiliki postur tubuh lebih besar dari kenari lokal biasanya berada pada usia 10 bulanan atau bahkan lebih.

Tips Khusus Cara Ternak Kenari

Pastikan Anda mengetahui bahwa kenari yang akan diternakkan sudah benar-benar birahi dan kondisinya sehat, karena adakalanya meskipun indukan kenari terlihat sudah cukup umurnya namun ternyata sedang tidak birahi hingga proses penjodohannya akan sulit sekali.

Berikut ini ada sedikit tips mengetahui ciri-ciri Indukan Kenari apakah sudah beneran birahi atau sedang tidak birahi.

Kenari Jantan

  1. Terlihat tingkahnya over acting atau lincah sekali hingga menabrak-nabrak jeruji sangkarnya dan kicauannya semakin sering terdengar.
  2. Seringkali terlihat kenari lebih banyak melompat ke kiri dan ke kanan atau dari atas ke bawah sangkar disertai dengan kicauan yang nyaring.
  3. Sering juga terlihat kenari jantan menurunkan bagian sayapnya hingga setengah badan saat diatas tangkringannya dan berkicau lebih nyaring dari biasanya.

Kenari Betina

  1. Indukan betina biasanya kalau sudah birahi akan memperlihatkan tingkahnya yang merobek-robek kertas pelapis kotoran di bagian bawah sangkar dengan kicauan cuit-cuit sebagai tanda sedang memanggil penjantannya.
  2. Sering juga si betina meng-geleper-geleperkan atau mengepak-ngepakkan sayapnya.
  3. Persiapan Sangkar dan Penunjang lainya

3. Persiapan Sangkar dan Penunjang lainya
Setelah Anda menyiapkan sepasang indukan kenari yang akan dijodohkan untuk ternak kenari, maka proses selanjutnya adalah menyiapkan sangkar kenarinya. Ada beberapa tips memilih sangkar kenari yang baik yang bisa Anda jadikan acuan untuk menyiapkan sangkarnya.

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah
kandang kenari (burungkenariwordpresscom)
  • Alternatif pertama, Anda bisa menyiapkan sangkar khusus penangkaran kenari atau box khusus penangkaran kenari.
  • Alternatif keduabisa menggunakan sangkar yang sudah dimodifikasi khusus dimana bagian tengahnya ada penyekat yang bisa dibuka /diambil se waktu-waktu hingga memudahkan dalam proses penjodohannya nanti.

Namun untuk indukan jantan sebaiknya menggunakan sangkar model gantung yang lebih besar dari sangkar biasanya, kemudian Anda bisa menempatkan sangkar tersebut di lokasi yang cukup tenang dan aman tentunya.

Pemberian pakan pada kedua indukan kenari juga harus diperhatikan dengan seksama karena proses ternak kenari akan tersendat bahkan bisa jadi akan gagal jika makanan kenari kurang diperhatikan, baik asupan gizinya maupun makanan kesukaan kenari itu sendiri.

Baca Juga : Harga Kacer Paling Lengkap Terbaru Update

Makanan Kenari bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko penjual perlengkapan burung terdekat di kota Anda, biasanya sudah dijual dalam bentuk pouch atau plastik klip. Yang paling disukai kenari biasanya biji sawi, millet, canary seed, sawi ijo, sawi putih dan apel serta juga mentimun.

Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa ketersediaan air minumnya kenari di dalam sangkar. Bisa juga Anda berikan tambahan vitamin khusus kenari atau telur rebus atau bisa juga telur puyuh matang sebagai tambahan menu makannya kenari agar asupan gizinya terus terjaga.

4. Masuk Proses Penjodohan Kenari
Cara ternak kenari berikutnya langsung masuk ke proses terpenting dari ternak kenari itu sendiri yaitu proses penjodohan kedua indukannya, dimana proses ini lebih tepatnya sebagai perkenalan awal sebelum masuk proses perkawinan.

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula
Penjodohan Kenari (rizkyveneno.blogspot.co.id)

Prosesnya dengan menempatkan kedua indukan di sangkar yang berbeda dan didekatkan atau bisa juga dijadikan satu sangkar namun harus ada penyekatnya, yang mana indukan betina dan jantannya dibatasi oleh penyekat yang bisa diambil /dilepas se waktu-waktu.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Dan Analisa Perhitungan Biaya

Dan yang paling sering digunakan oleh penangkar kenari senior adalah sangkar box khusus penangkaran kenari karena sangkar seperti ini memang di design khusus untuk mempermudah ternak kenari.

Sangkar box khusus penangkaran ini memang diperuntukkan bagi indukan kenari betina saja, sedangkan yang indukan jantannya bisa biasanya para penangkar menggunakan sangkar gantung biasa.

Tips Khusus Menjodohkan Kenari :

  1. Coba Anda dekatkan kedua sangkar indukan kenari baik yang sangkar box khusus maupun yang sangkar gantung sedekat mungkin untuk proses perkenalan dan biarkan proses tersebut selama kurang lebih 3 harian lamanya.
  2. Selama proses perkenalan tersebut berlangsung, ada baiknya juga Anda jemur kedua sangkar tersebut masih dengan jarak yang berdekatan antara jam 7 hingga jam 9.30 pagi.
  3. Pastikan selama proses penjodohan berlangsung, pakan ekstra untuk kenari selalu Anda berikan agar asupan gizinya selalu terjaga. Pakan ekstra tersebut bisa berupa apel, telur puyuh matang dan multivitamin lainnya.
  4. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh kenari agar tidak terlalu gemuk, karena jika terlalu gemuk akan dapat menghambat proses penjodohan.

Untuk mengetahui apakah kenari sudah mengalami kegemukan bisa dilihat bagian perut dan lehernya biasanya terdapat gumpalan lemak yang berwarna kuning. Dan jika sudah kegemukan, maka porsi makannya sebaiknya ditakar dan diatur sedemikian rupa dan juga lebih sering dijemur saat pagi hari.

Tanda Kenari Sudah Berjodoh :

  • Indukan kenari yang jantan akan meloloh indukan kenari betina meskipun si jantan berada diluar sangkar.
  • Indukan jantan berkicau keras sekali sebagai tanda untuk merayu betinanya, lalu sang betina menggeleperkan sayapnya atau kadang-kadang akan menungging sebagai tanda permintaan kawin.
  • Kedua indukan kenari jadi akur alias tidak bertengkar saat bersama.

5. Proses Perkawinan Kenari
Cara ternak kenari selanjutnya ialah masuk ke tahap melihat perkembangan penjodohan kenari apakah sudah terlihat tanda-tanda seperti diatas atau belum. Dan jika sudah terlihat tanda-tanda seperti di atas, maka saatnya untuk segera mengumpulkan kedua indukan kenari dalam satu sangkar penangkaran agar proses perkawinan bisa segera terjadi.

Cara menyatukan kedua indukan tersebut ialah dengan menangkap penjantannya di sangkar gantung lalu memasukkannya di sangkar khusus penangkaran yang ada betinanya. Sedangkan proses penyatuan tersebut usahakan dilakukan di sore hari.

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Lengkap
image source (cherewed.com)

Biasanya setelah proses penyatuan sudah berlangsung, maka akan terlihat si jantan dan si betina akan terlihat saling meloloh satu sama lainnya secara bergantian yang jika diperhatikan sekilas terlihat seperti berciuman.

Biarkan kedua indukan tersebut bermesraan hingga terjadi proses perkawinan, dan jika masih belum ada tanda-tanda akan terjadi proses kawin diantara keduanya, maka biarkan saja semalaman disangkar boxnya.

Ketika sudah jam 7an pagi kenari jantan sebaiknya ditangkap dan dimasukkan kembali ke dalam sangkar gantungnya. Lalu pada sore harinya dimasukkan kembali ke sangkar box hingga semalaman. Begitu seterusnya hingga beberapa hari lamanya.

Baca Juga : Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor dan Ngerol Panjang

Cara ternak kenari seperti ini terbukti cukup ampuh bagi kenari betina yang belum pernah sama sekali bertelur sebelumnya. Sedangkan jika kenari betinanya sudah pernah bertelur sebelumnya, maka kenari jantan cukup dimasukkan ke sangkar box selama 1 jaman saja lamanya.

Biasanya setelah proses penyatuan tersebut berlangsung, kenari betina yang sudah siap bertelur akan merapikan sarangnya hingga berbentuk bulat, baru seminggu kemudian dia akan meletakkan telur-telurnya.

Jumlah telurnya biasanya sekitar 3-4 butiran sekali bertelur dan kenari betina akan mengeraminya selama kurang lebih 14 harian lamanya. Dan biasanya pas kdi hari ke 15 telur-telurnya akan menetas.

Tips Merawat Kenari Saat Mengeram :

  • Pastikan minuman dan pakannya selalu tersedia.
  • Kebersihan kandang juga harus selalu terjaga, bersihkan dengan hati-hati kandangnya agar telur kenari tetap aman.
  • Selain biji-bijian, berikan juga pakan ekstra seperti sawi hijau dan apel yang di acak saat memberinya untuk menghindari kebosanan pada indukan kenari.
  • Berikan juga telur puyuh matang untuk menambah asupan gizi indukan kenari agar tidak terlalu kurus nantinya.
  • Jangan pernah menjemur kenari selama proses pengeraman berlangsung agar telur-telurnya tidak sampai rusak.

6. Proses Menetas dan Panen Anakan
Hari ke 15 biasanya hampir semua telur-telur yang dierami indukan kenari akan menetas sempurna. Itulah saat paling membahagiakan setelah perjuangan cukup melelahkan bagi seorang penangkar, apalagi bagi seorang pemula tentu tak terlukiskan bahagianya.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Kenari Paling Mudah Untuk Pemula

Bagi sahabat Master Kicau yang masih terbilang baru dalam ilmu Cara Ternak Kenari ini, ada beberapa tips memberi pakan indukan kenari yang dalam proses meloloh anakannya yang baru menetas hingga anakan tersebut siap dipanen. Berikut cara-caranya :

  • Pastikan minuman kenari selalu tersedia dan juga tambahkan telr puyuh rebus hingga usia anakannya mencapai 1 mingguan.
  • Jangan memberi pakan sayur dan buah dulu sebelum anakan kenari usianya 1 mingguan, jadi cukup biji-bijian dan telur rebus saja.
  • Anda bisa mulai tambahkan pakan ekstra seperti sawi hijau, buah apel dan sawi putih setelah usia anakan telah mencapai 1 mingguan.
  • Kalau bisa sih, berikan juga telur ayam rebus untuk asupan gizi lebih baik bagi anakan hingga siap dipanen nantinya.
  • Ada beberapa vitamin tambahan yang bisa dibeli di berbagai tempat agar anakan kenari menjadi lebih sehat dan kuat.

Proses pemanenan anakan kenari biasanya setelah usianya sekitar 25 harian karena setelah 25 hari anakan kenari sudah mampu makan sendiri meskipun masih berupa telur rebus saja yang dimakan, nanti setelah 1 bulanan baru anakan kenari bisa makan biji-bijian utuh.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Agar Sukses Untuk Pemula 100% Berhasil

Setelah anakan berhasil Anda pisahkan, maka indukannya segera Anda ambil dan masukkan ke sangkar utamanya masing-masing lalu Anda mandikan seperti biasanya. Bisa juga Anda berikan obat anti kutu pada kedua indukan.

Setelah itu bisa Anda jemur kedua indukan itu seperti biasanya sekitar jam 7 hingga jam 9.30 pagi. Setelah proses pemandian dan penjemuran berlangsung, maka kedua indukan tersebut sebenarnya sudah sudah dikawinkan kembali.

Nah bedanya, proses ternak kenari yang kedua ini tentu saja akan jauh lebih mudah daripada proses di awal tadi. Hal ini karena kedua indukan sudah berjodoh dan sudah saling mengenal satu sama lainnya dan tak sampai sebulan biasanya Anda akan melihat anakan baru lagi.

Sampai disini sebenarnya Anda sudah bisa dibilang cukup sukses menjadi penangkar kenari profesional karena sudah bisa menerapkan cara ternak kenari dengan baik dan sudah tentu tinggal menunggu keuntungan demi keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya.

Demikianlah penjelasan cukup singkatCara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Mudah dan Lengkapdilakukan di rumah. Semoga uraian diatas bisa sedikit membantu bagi Anda yang sudah bertekad menjadi seorang penangkar burung kenari.

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu