Cara Merawat Kelinci

0

Cara Merawat Kelinci – Kelinci merupakan peliharaan yang cukup unik dibandingkan hewan lainnya, mereka memiliki kebutuhan khusus guna menjalani hidup yang panjang senang dan juga sehat, dan karenanya peran manusia disini sangatlah penting guna menunjang faktor yang tidak mampu mereka penuhi sendiri.

Kelinci mungkin sungguh mudah untuk dicintai sebab parasnya yang sangat lucu, tetapi mereka tidak semudah itu untuk dirawat. Hewan sosial satu ini dapat mempunyai umur sampai 10 tahun, tetapi guna mencapai usia tersebut banyak sekali patokan yang sebelumnya harus dipenuhi dan kami sudah merangkumnya dalam artikel ini.

Berikut adalah ikhtisar dasar tentang bagaimana cara merawat kelinci dengan benar :

Langkah 1 : Sediakan Tempat Tinggal

Tempat tinggal ialah aspek pertama guna merawat binatang kelinci, kandang nantinya akan menjadi kawasan dimana beliau hidup sehari-hari hingga berkembang biak, sehingga tempat tinggal ialah salah satu faktor yang sentral untuk kelinci. Jika kamu mempunyai pekarangan yang cukup luas, kami menyarankan kau untuk melepaskan binatang ini disana dan jangan gunakan sangkar, alasannya pekarangan yang luas akan membuat mereka merasa ada pada lingkungan aslinya.

Jika kau tidak mempunyai pekarangan luas yang bisa dijadikan tempat tinggal oleh kelinci, kamu bisa memberikannya sangkar yang yang dibuat dari stainless alasannya lebih kuat dan anti basil, berikan sangkar yang ukurannya cukup luas sehingga binatang satu ini tidak frustasi karena ruang bergeraknya yang sungguh terbatas, didalam sangkar kau harus memastikan bahwa cadangan air minum dan makannya senantiasa tersedia dengan baik.

Read More :  Ciri Ciri Kelinci Hamil

Langkah 2 : Sediakan Makanan Yang mempunyai nutrisi tinggi

Langkah kedua yang harus kamu kerjakan dikala hendak merawat kelinci yakni dengan menawarkan mereka masakan yang memiliki nutrisi tinggi sehingga menyehatkan dan menjaga kosmetiknya agar kian menarik. Kelinci sendiri bergotong-royong termasuk hewan yang mengkonsumsi sayuran, tetapi kadang-kadang sayuran saja tidak cukup karena kandungan mono yang menimbulkan mereka akan mengalami timpang tindih kandungan nutrisi.

Kami menyarankan kamu untuk menunjukkan masakan kelinci yang berupa pelet alasannya jenis masakan ini mempunyai kandungan yang nutrisi didalamnya sudah diubahsuaikan guna menyanggupi makanan harian kelinci, namun saat kuliner kering atau pelet tidak bisa kau jumpai, kamu bisa memberikannya sayuran mirip wortel dan juga sayur daun berwarna hijau.

Langkah 3 : Sediakan Litter box

Sama mirip halnya hewan kucing dan juga anjing yang memerlukan litter box guna menjadi daerah buang air, kelincipun membutuhkan litter box biar mereka tidak buang air sembarangan, kamu bisa meletakkan litter box didalam sangkar dan juga diluar pekarangan rumah didekat kawasan dimana kamu kadang-kadang memberikan pakan.

Read More :  Cara Memelihara Kelinci

Penggunaan litter box untuk hewan ini akan lebih susah daripada hewan lainnya karena hewan ini pada dasarnya tidak gampang untuk diberikan perintah atau kebiasaan, namun meskipun seperti begitu, bukan memiliki arti hewan satu ini tidak mampu diajari buang air ditempat yang semestinya.

Langkah 4 : Berikan Alat Kunyah

Kelinci merupakan hewan yang akan melaksanakan kunyahan saat mereka tidak melaksanakan apapun, kalau dibiarkan mereka bisa saja mengunyah kandang atau benda lain yang tidak seharusnya dia kunyah, oleh argumentasi ini kau mempertimbangkan bahwa alat kunyah cukup penting guna cara merawat kelinci yang baik dan benar.

Alat kunyah kelinci sendiri sangatlah tidak sulit untuk ditemui kini ini karena alat tersebut bisa ditemui di banyak kawasan mirip petshop dan juga situs perdagangan online, sehingga dikala kau sudah mempunyai ongkos, kamu mampu pribadi membelikannya alat kunyah tanpa harus gundah harus berbelanja kemana.

Langkah 5 : Jangan biarkan ia sendiri guna menghindari tertekan

Hewan satu ini merupakan binatang sosial yang membutuhkan sobat sejenisnya dalam melewati hari-hari, dikala binatang ini dibiarkan hidup dikandang sendiri, beliau akan menjadi sosok yang destruktif dan juga stress, jika stress telah tiba, mampu ditentukan bahwa mereka akan meminimalisir takaran makannya yang mempunyai dampak final pada turunnya kadar kesehatan dari hewan satu ini.

Read More :  Cara Memelihara Kelinci

Kami menyarankan kamu memperlihatkan sahabat yang mempunyai kelamin bertentangan, maksudnya supaya mereka mampu meningkat biak dengan seharusnya.

Langkah 6 : Mandi dan Gunting Kuku

Langkah terakhir cara merawat kelinci ialah dengan melaksanakan gunting kuku terhadapnya setiap bulan, kenapa gunting kuku diharapkan dalam hewan ini, hal tersebut alasannya adalah kelinci akan menggunakan kukunya untuk menyerang siapapun dan tergolong manusia sehingga langkah pemotongan kuku mampu meminimalisir kecelakaan saat kau hendak menggendongnya.

Lalu kami menyarankan kamu tidak perlu melaksanakan mandi terhadap hewan ini terlebih keadaannya sangatlah kotor alasannya struktur kulit dari hewan ini sangat tipis sehingga mandi yang sering hanya akan memperburuk kesehatannya saja.


Sekian telah 6 Cara merawat kelinci dari kami, tidaklah sulit dalam memelihara hewan ini, yang kamu perlukan hanyalah niat sehingga apapun yang dijalani akan semakin gampang setiap harinya.

Cara Merawat Kelinci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *