Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Makin Rajin Berkicau

MasterKicau.net– Makanan Jalak Suren menjadi salah satu topik yang cukup hangat di kalangan pecinta burung jalak saat ini, hal tersebut akibat makin banyak nya para pemula yang ikutan memelihara jalak suren di rumahnya. Padahal mereka bingung harus memberi makanan apa agar peliharaan nya bisa rajin berkicau.

Baca Juga : Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Memang sih, suara kicau jalak suren bisa dikatakan sangat merdu dan punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan Burung Berkicau lainnya. Harga nya pun bisa dibilang cukup terjangkau alias tidak terlalu mahal bagi semua kalangan.

Makanan Jalak Suren Agar Makin Rajin Berkicau
image source (1001budidaya.com)

Jalak Suren bisa jadi merupakan satu-satunya jenis burung yang kualitas suara kicau nya antara jantan dan betina sama-sama merdu nya. Bahkan banyak Master Kicau yang kebingungan apakah harus memelihara yang jantan atau yang betina nya.

Kemampuan jalak suren dalam berkicau sebenarnya sangat dipengaruhi oleh cara kita merawatnya, baik merawat sangkarnya agar selalu bersih, cara kita memberi Makanan Jalak Suren dengan asupan bergizi tinggi dan lain sebagai nya.

Selain itu, dengan selalu memperhatikan makanan apa yang akan kita berikan kepadanya maka tentu saja kemampuan nya dalam berkicau juga akan ikut terjaga. Makanan Jalak Suren yang bergizi bisa membuatnya semakin aktif dan makin mudah jika dilatih untuk menirukan kicauan master nya.

Makanan Jalak Suren Agar Rajin Berkicau

Bagi Anda yang di rumah sudah memelihara jalak suren baik yang sudah berkicau dengan rajin maupun yang masih dalam proses pelatihan dengan Master Kicau nya, maka sebaiknya Anda perhatikan Makanan Jalak Suren yang akan di ulas di bawah ini.

Semakin berkualitas makanan jalak suren yang kita suguhkan maka akan makin bagus pula buat stamina dan kesehatan si jalak suren agar tetap terjaga. Apalagi jika pemberian pakan nya bisa dilakukan dengan rutin setiap hari nya, tentu hasil nya akan makin maksimal.

Buah-buahan untuk Jalak Suren

Ada banyak sekali buah yang di sukai oleh jalak suren ketika berada di alam liar, seperti buah pisang, buah pepaya dan lain-lain. Namun pepaya dan pisang merupakan buah yang paling di sukai oleh burung jalak suren karena kedua buah tersebut selain bergizi tinggi juga cukup lembek dan mudah dicerna.

Jalak Suren Makan Pisang
image source (majalahburungpas.com)

Selain kedua jenis buah-buahan tersebut, jalak suren juga menyukai buah apel yang masih segar. Namun jika dibandingkan dengan buah pepaya dan juga buah pisang, maka tentu saja jalak suren lebih suka dengan buah pepaya maupun pisang.

Pisang Kepok
Makanan Jalak Suren yang paling di sukai pertama adalah pisang kepok. Banyak sekali kandungan protein, kalori, lemak, karbohidrat, zat besi dan juga asam folat dalam buah pisang ini yang sangat bermanfaat bagi perkembangan burung jalak suren.

Jalak suren yang rutin memakan pisang kepok berat badan nya akan bertambah karena pisang kepok mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, paruh dan tulang-tulang nya akan makin kuat karena kalsium dan fosfor di dalam pisang kepok. Bahkan pisang kepok juga bisa melancarkan sistem pencernaan dari jalak suren tersebut.

Baca juga : Harga Jalak Suren Paling Lengkap Terbaru Update

Saat ini yang paling sering di jumpai adalah dua jenis pisang kepok, yakni yang warnanya putih dan yang berwarna kuning. Pisang kepok putih lebih kecil ukurannya dan lebih kaku daripada pisang kepok kuning, namun lebih enak di makan karena tidak menyangkut di paruh jalak suren.

Anda bisa memberi Makanan Jalak Suren dengan pisang yang sudah matang di pohon karena kandungan gizi nya sudah pasti lebih bagus daripada yang matang oleh karbit (matang karbitan). Bisa Anda berikan sehari sekali 1pcs yang di mix dengan buah lainnya seperti pepaya atau apel.

Buah Apel Segar

Pemberian buah apel segar yang sudah di belah jadi 2 bagian bisa juga dijadikan sebagai penambah asupan gizi bagi burung jalak suren. Pastikan jangan diberikan saat kondisi buahnya masih dingin atau yang baru keluar dari kulkas, tapi berikan buah apel yang bener- bener fresh.

Jika dibandingkan dengan pepaya dan buah pisang, pastinya jalak suren akan lebih menyukai buah apel yang kondisinya masih sangat segar. Hal ini bisa di lihat dari caranya dia makan yang biasa nya akan lahap sekali jika di kasih apel ataupun pisang segar.

Pakan Alami Jalak Suren
image source (faunadanflora.com)

Pemberian buah apel yang masih segar tersebut bisa dijadikan sebagai makana jalak suren rutin agar dia tidak merasa bosan dengan pisang dan buah pepaya yang setiap hari dia makan. Bisa di mix waktunya antara pemberian buah apel maupun pisang segar nya.

Pepaya
Buah pepaya bisa Anda berikan sekali saja dalam sehari dengan takaran secukupnya yang di mix dengan pisang kepok atau buah apel atau bisa juga buah-buahan lain nya yang di sukai oleh jalak suren.

Pemberian pepaya segar dalam jumlah berlebihan bisa merugikan pencernaan burung jalak tersebut. Jika pepaya terlalu banyak diberikan, maka jalak suren terkadang juga seringkali mencret atau pencernaan nya terganggu.

Baca Juga : Lovebird Cobalt Biru Mangsi Cara Membedakan dan Harganya

Meskipun dalam jumlah yang wajar pemberian buah pepaya segar bisa memperlancar proses pencernaan si jalak, namun jika diberikan tanpa kontrol yang bagus juga bisa berakibat kurang bagus pencernaan nya.

Buah pepaya sangat bagus untuk memperlancar proses pencernaan dari burung jalak suren agar BAB nya jadi lancar dan jalak suren bisa lebih lahap menyantap makanannya. Jika proses makannya lahap, maka kelincahan dan suara gacor nya akan tetap terjaga tentunya.

Jangkrik dan Kroto
Selain buah segar, Makanan Jalak Suren lainnya tentu saja kroto dan jangkrik. Jangkrik bisa jadi penyumbang protein terbesar pada jalak suren dan salah satu menu wajib baginya karena protein bisa menambah stamina nya.

Jangkrik jadi salah satu yang tak terpisahkan dengan jalak suren itu sendiri. Meskipun dalam beberapa hal tanpa diberikan jangkrik pun akan tetap baik-baik saja si jalak tersebut, namun dengan pemberian beberaapa ekor jangkrik setiap hari nya ternyata bisa meningkatkan stamina dan kesehatan jalak suren.

Anda bisa memberikan jangkrik segar yang masih hidup kepada jalak suren cukup 5 ekor saja per harinya agar tidak bosan namun kebutuhan protein nya tetap terjaga dengan baik, karena jika diberikan dalam jumlah yang banyak pun tentu saja kelebihan protein nya akan sia-sia.

Baca Juga : Cara Merawat Pleci Agar Gacor Dan Ngalas Panjang

Di alam bebas nya, jalak suren bisa melahap banyak serangga dengan porsi sesuka hatinya. Namun saat di pelihara, sebaiknya berikan cukup 5 ekor saja agar Makanan Jalak Suren lainnya bisa Anda mix kan dan membuat asupan gizi nya makin bagus.

Selain memberikan jangkrik, Anda juga bisa memberinya pakan kroto alias telur semut rangrang yang kayak sekali kandungan gizi nya. Kandungan protein nya yang sangat tinggi dan kandungan lemaknya yang rendah pada kroto juga sangat baik bagi jalak suren agar tidak kegemukan namun tetap fit kondisinya.

Makanan Jalak Suren Agar Rajin Berkicau
image source (juaka.top)

Dengan pakan tambahan berupa kroto segar, jalak suren bisa berkicau lebih lantang dan lebih nyaring dari biasanya. Namun perlu di perhatikan bahwa pemberian kroto cukup 1 sendok makan saja per harinya karena jika terlalu banyak dan ada sisanya, maka kondisi kandang akan jadi bau nantinya.

Atau kalau Anda ingin memberikan pakan kroto lebih dari satu sendok per harinya, maka pastikan saja cara pemberian nya dilakukan dengan setahap demi setahap. Jika 1 sendok pertama habis, maka Anda bisa memberinya 1 sendok lagi setelahnya atau di lain waktu.

Makanan Voer
Selain makanan yang bersifat alami di atas, jalak suren juga bagus jika diberikan pakan voer khusus burung berkicau agar variasi makannya juga lebih terjaga dan jalak suren terhindar dari rasa bosan berlebihan. Makanan voer diketahui memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh jalak suren.

Hindari memberi Makanan Jalak Suren dengan voer yang merek nya berubah-ubah agar kandungan protein, vitamin dan mineral nya tidak ikut berubah. Jika selalu berubah pemberian voer nya, maka ada kemungkinan bulu jalak suren jadi rontok dan kadang bisa berubah warnanya.

Baca Juga : Cara Ternak Cucak Ijo Dengan Mudah Untuk Pemula

Kondisi kesehatan dan stamina dari burung jalak suren atau burung berkicau lainnya memang tidak bisa dilepaskan dari pemberian pakan nya yang terjaga setiap hari nya. Semakin bagus kualitas nya tentu saja akan semakin bagus pula untuk perkembangan si jalak itu sendiri.

Meskipun begitu, jangan abaikan juga pemberian minumnya. Pastikan minuman nya selalu tercukupi dengan baik dan kondisi air nya bersih dan steril dari bakteri -bakteri yang merugikan si burung jalak.

Anda bisa mengganti air minum nya tiap hari atau bisa juga sehari 2x ganti. Jangan sampai kehabisan minuman yang cukup lama karena bisa berakibat kurang bagus bagi kesehatan jalak suren jika berlangsung terus menerus atau terlalu sering kehabisan minuman.

Dengan asupan gizi yang selalu terjaga dengan baik, maka jalak suren bisa berkembang lebih baik lagi tentunya. Hal itu bisa membuat jalak suren lebih cerdas dan lebih mudah menirukan Master Kicau yang di dengarnya.

Namun yang perlu di ingat, perhatikan juga kebersihan sangkar secara menyeluruh agar kesehatan si burung jalak bisa selalu terjaga setiap waktu nya. Karena dengan kondisi sangkar yang bersih, maka kuman ataupun bakteri yang merugikan si burung juga akan hilang dengan sendirinya.

Demikian sekilas uraian tentang Makanan Jalak Suren Agar Makin Rajin Berkicau dan makin sehat tentunya. Semoga ulasan singkat mengenai jalak suren ini bisa memberi banyak pencerahan dan manfaat bagi Anda semua. Bantu share ya ke temen lainnya jika bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu