Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri

MasterKicau.net– Cara Memantau Kandang Penangkaran melalui CCTV Buatan Sendiri ini sengaja kami hadirkan guna menjawab keluhan para Master Kicau yang kesulitan untuk sekedar melihat kondisi bagian dalam dari kandang penangkaran Burung Kicau nya.

Baca Juga : Mengawasi Kotak Pengeraman dengan CCTV Buatan Sendiri

Kabanyakan para penangkar Burung Kicau di tanah air akan kesulitan memantau terus- menerus aktivitas indukan burung dalam kandang nya. Memang cukup sulit jika harus memantau kandang penangkaran dalam waktu yang sesering mungkin karena pasti banyak waktu yang terbuang.

Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri
image source (duranafisah.blog.uns.ac.id)

Pemakaian CCTV dalam kandang penangkaran selama ini memang terkesan hanya bisa dilakukan oleh penangkar profesional yang bermodal besar saja, padahal pemakaian CCTV ini memang sebuah keharusan bagi semua penangkar Burung Kicauan.

Kamera model CCTV ini sangat diperlukan untuk memantau kandang penangkaran agar proses penjodohan, perkawinan Burung Berkicau yang akan kita ternak bisa lebih tenang karena tidak merasa terganggu dengan segala aktivitas kita yang tiap saat mengawasinya.

Baca Juga : Cara Merawat Kenari agar Gacor dan Bunyi Panjang

Dengan pemasangan kamera CCTV di dalam kandang penangkaran, maka proses pemantauan bisa dilakukan kapan saja kita mau. Bahkan di lihat 24 jam secara non stop pun bisa dilakukan jika sudah terpasang CCTV di dalam kandang penangkaran.

Memantau Kandang Penangkaran Dengan CCTV Buatan Sendiri

Memasang kamera pengawas semacam CCTV ini memang agak mahal biaya yang harus di keluarkan oleh seorang penangkar, apalagi yang masih pemula tentu sangat berat. Namun Jangan Khawatir, karena ada cara murah memasang CCTV buatan sendiri di dalam kotak penangkaran dengan biaya relatif cukup murah.

Peralatan yang perlu dipersiapkan tentu saja webcam dengan sedikit modifikasi nantinya karena jika di modif, maka webcam harus berada sangat dekat dengan komputer /laptop. Namun jika sudah dilakukan modifikasi sedikit, maka webcam bisa diletakkan di dalam kandang penangkaran meskipun jaraknya dari laptop cukup jauh.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Dan Analisa Perhitungan Biaya

Anda tidak perlu membongkar webcam untuk di modif, tapi cukup dibelikan saja USB Extender (kabel perpanjangan USB). Jarak yang bisa di cover oleh kabel perpanjangan ini tidak lebih dari 10 meter saja karena jika lebih dari 10 meter maka hasilnya kurang maksimal nantinya.

Jika jarak antara webcam dan perangkat laptop /komputer nya melebihi 10 meter misalnya 15 meter atau 20 meter, maka Anda bisa menambahkan USB Repeater untuk menyambungkan kabel perpanjangan yang pertama dengan kabel perpanjangan berikutnya.

Berikut ini skema rangkaian lengkap CCTV buatan sendiri dari webcam ini hanya menggunakan USB Extender atau kabel perpanjangan saja :

Webcam Jarak Kurang 10 Meter dengan USB Perpanjangan

WEBCAM YANG JARAKNYA KURANG DARI 10 METER DARI KANDANG CUKUP MEMAKAI KABEL USB PERPANJANGAN

Sedangkan yang di bawah ini merupakan skema rangkaian lengkap CCTV dari webcam yang memakai kabel USB extender di tambah USB repeater sekaligus :

Webcam Jarak Lebih 10 Meter dengan USB Repeater

WEBCAM YANG JARAKNYA LEBIH DARI 10 METER DARI KANDANG BISA MENGGUNAKAN USB REPEATER SEBAGAI TAMBAHAN

Dari skema rangkaian yang terlihat di atas bisa disimpulkan bahwa peralatan yang perlu disiapkan untuk Memantau Kandang Penangkaran Melalui CCTV Buatan Sendiri dengan webcam adalah sebagai berikut :

  1. 1 unit PC (personal computer) atau 1 unit laptop.
  2. Kamera webcam yang memiliki resolusi minimal sebesar 1,3 Mega pixel.
  3. Kabel USB perpanjangan atau USB extender yang panjangnya tergantung pemakaian.
  4. USB repeater (opsional) diperlukan jika jarak kandang dengan lokasi PC /laptop lebih dari 10 meter jauhnya.
  5. Pemantauan Kandang Penangkaran Memakai IP Camera Secara Online
  6. Kandang penangkaran ternyata juga bisa dipantau secara online dari manapun dan kapan pun tentunya.
  7. Namun biaya yang perlu disiapkan memang jauh lebih mahal daripada yang offline.

Baca Juga : Cara Merawat Pleci Agar Gacor Dan Ngalas Panjang

Meskipun begitu, banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat jika menggunakan IP Camera tersebut karena proses pemantauan kandang penangkaran bisa dengan mudah dilakukan melalui Smartphone atau Handphone Anda yang sudah ter-koneksi dengan internet sebelumnya baik WIFI, HSDPA, 3G, 4G atau lainnya.

Berikut ini peralatan apa saja perlu disiapkan untuk memasang IP Camera di kandang penangkaran :

  • 1 unit IP Camera (kamera khusus yang memakai Protokol Internet)
  • 1 unit Modem ADSL sesuaikan dengan kebutuhan merk nya.
  • Pastinya akses internet yang kencang seperti Telkom Speedy dan lain-lain.
  • Cara pemasangannya bisa di lihat di bawah ini :

Cara Pemasangan IP Camera
Anda bisa menyesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial Anda kira-kira mau memakai cara yang mana. Yang jelas, dengan membuat sendiri CCTV melalui webcam, maka biaya yang di keluarkan jauh lebih murah daripada biaya pemasangan CCTV yang sesungguhnya.

Pemasangan CCTV /Webcam buatan sendiri selain jauh lebih murah daripada CCTV aslinya, pada kenyataannya memang sangat Anda perlukan agar proses pemantauan dan pengawasan kandang penangkaran Burung Kicau yang Anda ternak bisa berjalan dengan sukses.

Demikianlah beberapa Cara Memantau Kandang Penangkaran Melalui CCTV Buatan Sendiri yang cukup praktis dan murah ini. Semoga penjelasan cukup singkat tentang cctv ini bisa memberi banyak manfaat untuk Anda semua.
Referensi : omkicau.com

Tinggalkan Balasan

avatar
2000
  Subscribe  
Beritahu